KM Kelud Ikut Dukung PON XXI di Pelabuhan Malahayati

KM Kelut saat bersandar di Pelabuhan Malahayati, Rabu, 4 September 2024.

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Sebuah kapal besar milik PT. Pelni, KM Kelud tampak bersandar di dermaga pelabuhan Malahayati, Krueng Raya,  Aceh Besar. Kapal tersebut disiapkan sebagai hotel terapung selama PON XXI Aceh-Sumut berlangsung.

Tak hanya menawarkan fasilitas akomodasi yang lengkap, kapal itu  juga akan menjadi tempat yang nyaman bagi ribuan peserta dan pengunjung PON.



Pj Gubernur Aceh, Safrizal  juga menyempatkan diri berkunjung  ke KM Kelud yang disambut sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan, pihak PT. Pelni dan tim pengelola kapal KM Kelud.

Sesaat sebelum melakukan serangkaian peninjauan fasilitas kapal, Safrizal juga sempat menunaikan shalat zuhur berjamaah di musalla kapal dan langsung bertindak sebagai imam.

Usai shalat,  Safrizal mengunjungi satu per satu deck kapal mulai dari kamar kelas ekonomi, kelas II hingga kelas I. Safrizal juga dijamu makan siang di restoran kapal, sebuah ruangan yang dihias khusus untuk menikmati hidangan.

Dalam suasana santai itu, Safrizal  menyampaikan ucapan  terima kasih  kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan KM Kelud.

“Selamat datang kru KM Kelud dalam rangka mendukung PON  Aceh-Sumut.” ujar Safrizal.

Menurut Safrizal,  Kapal itu akan memberikan manfaat besar bagi semua peserta dan pengunjung PON serta menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka yang menginap di sana.

Atas nama masyarakat Aceh, Safrizal menyampaikan terima kasih kepada Menteri Perhubungan yang telah mendukung kesuksesan PON XXI dengan mengirim KM Kelud sebagai salah satu akomodasi.

“Kita ingin acara ini lebih berkesan makanya perlu memberikan hospitality bagi tamu-tamu yang berkunjung kemari,” katanya.

Safrizal bahkan mengundang para tamu yang belum mendapatkan tiket kembali ke tempat asal saat PON selesai untuk dapat pulang dengan KM Kelud, kapal dijadwalkan akan kembali ke Jakarta pada tanggal 22 September usai penutupan PON.

Kapten Hasan Sadili, Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Kementerian Perhubungan meyakini kehadiran KM Kelud di Aceh bisa membantu panitia PON Aceh-Sumut, dalam hal penyediaan sarana prasarana akomodasi tempat tinggal bagi pengunjung.

“Masyarakat tentu bisa menikmati pengalaman baru di atas KM Kelud, mudah-mudahan sesuai yang  kita harapkan para penumpang yang tinggal di sini bisa melebihi angka 50 persen dari kapasitas penumpang yang sanggup menampung hingga 2.600 penumpang,” kata Hasan.

Siang itu Pelabuhan Malahayati menjadi simbol baru bagi kerja sama dan dedikasi dalam menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut.

KM Kelud dengan segala fasilitas dan kehangatannya siap menyambut ribuan tamu dengan keramahan dan kenyamanan.[]

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi