Kunjungan ke Hotel Terapung KM Kelud Capai 15.000 Orang

Masyarakat dari berbagai daerah di Aceh ‘menyerbu’ KM Kelud yang berfungsi sebagai hotel terapung untuk dukungan PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh yang sandar di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar. Foto direkam Jumat sore, 13 September 2024. (Dok Ketua PWI Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Kehadiran KM Kelud untuk mendukung PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.

KM Kelud milik PT Pelni yang berfungsi sebagai hotel terapung itu tiba dan bersandar di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar sejak Rabu, 4 September 2024.



Hingga hari ke-9 sandar di dermaga Malahayati, kunjungan masyarakat dilaporkan telah mencapai 1.500 orang termasuk yang mendaftar melalui aplikasi untuk menginap di kapal.

“Kami perkirakan hingga hari ini jumlah masyarakat yang berkunjung mencapai 1.500 orang,” kata Hadi, salah seorang petugas komunikasi KM Kelud kepada tim Media Center PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh, Jumat sore, 13 September 2024.

Menurut Hadi dibenarkan Gatot yang bertugas pada Bidang Perbekalan KM Kelud, layanan kunjungan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 19.00 WIB.

Selain kunjungan harian, ratusan orang juga terdaftar sebagai pengunjung yang bermalam di hotel terapung tersebut yang mendaftar melalui aplikasi yang telah dibuka untuk memanfaatkan fasilitas gratis di KM Kelud.

Kapal berukuran panjang 148 meter dengan lebar 28 meter yang mampu mengangkut 2.607 penunpang itu memiliki berbagai fasilitas seperti kamar berstandar kelas 1 dan ekonomi, sea nema (bioskop), musalla, mini market, ruang makan, dan fasilitas pendukung lainnya dalam delapan deck.

“Terima kasih kepada masyarakat Aceh yang sudah menyambut kehadiran kami dengan suka cita dan menikmati berbagai fasilitas yang kami sediakan di KM Kelud,” kata Hadi. Misi KM Kelud di Aceh dijadwalkan berakhir pada 21 September 2024.

Beberapa warga yang berkunjung ke KM Kelud mengaku datang dari berbagai wilayah Aceh.

Selain dari Banda Aceh dan Aceh Besar juga banyak yang datang khusus dari berbagai kabupaten/kota lainnya seperti dari Sabang, Pidie, Aceh Jaya, dan Bireuen.[]