Aceh Gagal ke Final Sepak Bola PON XXI

Pemain Aceh, Muhammad Mufaddhal (kiri) berebut bola dengan Mochammad Rangga Saputra dari Jatim (kanan) pada laga semi final PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin malam, 16 September 2024. Laga tersebut dimenangkan Jatim 3-2 yang sekaligus membuyarkan harapan Aceh ke final. (IDN Times/ANTARA FOTO, Andreas Fitri Atmoko)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Harapan tim sepakbola Aceh untuk meraih medali emas PON XXI Aceh-Sumut kandas setelah dikalahkan 3-2 oleh Jatim pada semifinal di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Lhong Raya, Banda Aceh, Senin malam, 16 September 2024.

Kemenangan 3-2 atas tim tuan rumah memastikan Jatim ke partai puncak melawan Jawa Barat yang sudah lebih dulu memastikan tiket ke final setelah mengandaskan Kalsel lewat drama adu penalti.



Pada laga semi final, Aceh tampil solid dan unggul lebih dulu pada menit ke-3 lewat gol dari tandukan Refyansyah.

Upaya Jatim membalas berbuah pada menit ke-31 berawal dari umpan tarik Rangga dari sisi kanan dan dituntaskan Achmad Dwi Firmansyah.

Jatim menambah kemenangan menjadi 2-1 lewat kaki Wibi Pratama memanfaatkan assist Achmad Dwi. Keunggulan ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, upaya Aceh membalas terbentur ketatnya pertahanan pasukan Fakhri Husaini.

Malah Jawa Timur bisa memperbesar keunggulan pada menit ke-74 lewat Wigi Pratama yang mencetak brace setelah tendangan mendatarnya membuat kiper Aceh hanya terpaku. 3-1.

Menit ke-86, Aceh mengejar ketertinggalan menjadi 2-3 karena gol bunuh diri pemain Jawa Timur saat mengantisipasi tendangan Mahyudin.

Duel semi final Aceh vs Jatim ikut disaksikan langsung oleh Pj Gubernur Aceh, Safrizal ZA berbaur dengan ribuan pendukung tim tuan rumah yang memadati SHB Banda Aceh.

Sebelumnya di stadion yang sama, laga semi final lainnya, Jawa Barat lolos ke final setelah menumbangkan Kalimantan Selatan 5-4 lewat adu penalti. Skor imbang tanpa gol selama 120 menit.[]