DAERAH  

Debat Cagub-Cawagub Aceh, Ini Saluran TV yang Akan Menyiarkan

Agusni AH

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Hingga H-1 pelaksanaan tahapan Pilkada Aceh 2024 berupa Debat Cagub-Cawagub, pihak KIP terus memastikan suksesnya agenda tersebut.

“Insya Allah akan berjalan sebagaimana yang telah disepakati,” kata Ketua KIP Aceh, Agusni AH, Rabu, 23 Oktober 2024.

Menurut Agusni, debat pertama akan dilaksanakan pada 25 Oktober 2024 di Hotel Amel Convention Hall Blang Oi, Banda Aceh.

KIP Aceh telah mempersiapkan desain debat, tata tertib, tema debat, peserta, jadwal dan tempat penyelenggaraan, moderator, panelis, undangan debat, dan penyiaran.

Berdasarkan koordinasi KIP Aceh dengan LO pasangan calon, pihak penyiaran (iNews TV, Kompas TV, TVRI dan Aceh TV), dan tim perumus debat disepakati debat pertama dilaksanakan Jumat, 25 Oktober 2024 mulai pukul 20.00 WIB.

“Debat pertama akan disiarkan Kompas TV,” ujar Agusni.

Selanjutnya, debat kedua pada 1 November 2024 disiarkan oleh TVRI dan debat ketiga pada 19 November 2024 oleh iNews TV.

“Ketiga debat tersebut direlay oleh Aceh TV,” kata Ketua KIP Aceh.

Seperti diinformasikan sebelumnya, untuk ketiga debat tersebut telah disiapkan tema debat yang mencerminkan upayamenyelesaikan persoalan daerah dan memajukan daerah.

Tema pertama: Upaya Menyelesaikan Persoalan Aceh dengan topik mewujudkan tata kelola pemerintahan Aceh yang transparan, akuntabel dan berdaya saing global. Ruang lingkupnya adalah,
1. Penerapan Syariat Islam
2. Keistimewaan dan kekhususdan Aceh
3. Koneksitas Pelayanan publik.

Tema kedua: Upaya Memajukan Aceh dengan topik meningkatkan pembangunan, pendidikan dan pemberdayaan rakyat Aceh. Ruang lingkupnya adalah,
1. Pembangunan Berkelanjutan,
2. Pendidikan, Sain dan Teknologi, dan
3. Kesetaraan Gender, Perlindungan Hak Perempuan dan Anak, Penyandang Disabilitas, Kelompok Minoritas dan Marginal.

Penyusunan tema dan subtema atau topik serta ruang lingkup yang akan diperdebatkan tidak lari dari hasil kolaborasi antara Rencana Pembangunan Jangka Panjang  Aceh (RPJPA) dengan visi, misi dan program dari kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Pilkada 2024. []