Ponpes Gontor 8 yang Terbakar Ditempati 118 Santri dan 11 Ustadz, Pj Bupati Aceh Besar Salurkan Bantuan

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto didampingi Plt Kadis Sosial Aceh Devi Riansyah dan sejumlah pejabat lainnya mendengarkan laporan dari Pimpinan Ponpes Modern Gontor 8 Aceh, Ustadz HM Husni Kamil Djaelani mengenai musibah kebakaran yang terjadi di ponpes tersebut, Rabu dini hari. Pj Bupati Aceh Besar berkunjung langsung ke ponpes yang berlokasi di Gampong Meunasah Baro, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Rabu siang, 23 Agustus 2023 atau sesaat setelah kembali dari Jakarta. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S.STP, MM menyerahkan bantuan masa panik untuk korban terdampak kebakaran Ponpes Modern Gontor 8 di Gampong Meunasah Baro, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Rabu, 23 Agustus 2023.

Bantuan masa panik tersebut diterima langsung oleh Pimpinan Ponpes Modern Gontor 8 Aceh, Ustadz HM Husni Kamil Djaelani M.Ag. Kebakaran itu sendiri terjadi Rabu dini hari, 23 Agustus 2023.



Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto yang baru saja tiba dari Jakarta bersama Plt Kadis Sosial Aceh Devi Riansyah, Aks, MSi didampingi Kadis Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil, S.Sos, MSi, Kalaksa BPBD Ridwan Jamil S.Sos, M.Si, Kadisdik Dayah Adi Darma S.Pd, M.Pd dan Anggota DPRK Aceh Besar Mustafa Ishak menyerahkan bantuan berupa makanan dan berbagai perlengkapan.

“Saya turut berduka cita atas musibah ini. Hari ini kita menyerahkan bantuan berupa sembako dan perlengkapan. Mudahan-mudahan ini bisa meringankan beban korban kebakaran, semoga tabah menghadapi musibah ini,” kata Muhammad Iswanto pada acara yang juga dihadiri Tgk. H. Husaini AW, mantan wakil Bupati Aceh Besar.

“Jika dibanding musibah yang dialami korban, maka tidaklah sebanding bantuan yang kami berikan. Tetapi ini merupakan rasa empati kami terhadap korban yang sedang mengalami musibah,” ujarnya.

Ditempati 129 orang

 Pimpinan Ponpes Modern Gontor 8, Ustadz HM Husni Kamil Djaelani M.Ag mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Aceh Besar yang telah datang langsung mengunjungi pesantren yang dipimpinnya dengan memberikan bantuan.

Menurut Ustadz Husni, dari 365 santri di ponpes tersebut, ada 118 santri dan 11 ustadz yang menempati bangunan Asrama Rayon Aligarh yang terbakar. Pada saat kebakaran mereka sedang tertidur lelap dan terbangun saat ruangan sudah mulai panas.

“Alhamdulillah mereka semuanya selamat,” kata Ustadz Husni.

Ketua Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Aceh, Dr Nurchalis Sofyan, MA menginformasikan, pascamusibah Ponpes Modern Gontor 8, dirinya bersama alumni lainnya membuka posko bantuan kebakaran di Cot Irie, Kecamatan Krueng Barona Jaya.

Siapapun yang ingin membantu bisa langsung ke posko atau menghubungi nomor kontak 08126901797. Donasi juga dapat disalurkan melalui Nomor Rekening IKPM Cabang Aceh Bank BSI No. 7001688175 a/n. IKPM Gontor NAD. Atau bisa juga diantar langsung ke Kantor IKPM,” pungkasnya.[]