Sekda Aceh Hadiri Rakernas Forum Sekretaris Daerah Se-Indonesia di Jakarta

Sekda Aceh, Bustami Hamzah disambut ketibaannya pada Rakernas Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) di Mercure Hotel, Jakarta Pusat. Jumat, 25 Agustus 2023. (Foto BPPA)

PORTALNUSA.com | JAKARTA – Sekretaris Daerah Provinsi Aceh, Bustami Hamzah mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) di Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.

Rakernas Forsesdasi bertema “Peran Sekretaris Daerah Menghadirkan Transformasi Birokrasi Berkelas Dunia” dibuka oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dr. Akmal M.Si di Mercure Hotel, Jakarta Pusat.



Akmal dalam pidatonya menyampaikan jajaran Forsesdasi merupakan ujung tombak yang dapat memastikan transformasi ASN di daerah dapat diimplementasikan menyeluruh.

Dia berharap Sekda Provinsi bisa mengoptimalkan kegiatan ini untuk membahas sejumlah isu strategis. Di antaranya, kesiapan pemerintah menghadapi Pilkada Serentak 2024.

“Peran Sekda sangat diperlukan di sini karena saya tahu Sekda merupakan orang lapangan yang paham semuanya,” ujar Akmal.

Menurutnya, pemilu merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah pusat, begitu juga dengan pemerintah daerah.

“Bakal ada turbulensi oleh sebab itu saya mengimbau dan menggandeng teman-teman di sini. Karena turbulensinya tidak tanggung-tanggung,” ujarnya.

Misalnya, kata Akmal, seperti konflik dalam perebutan kursi jabatan, keamanan harus ditingkatkan dan tenaga keamanan harus cukup.

“Oleh sebab itu melalui forum ini kita mengimbau bagaimana untuk bisa mendesain pilkada itu agar lebih aman,” katanya.

Selain itu dia juga meminta agar Forum Sekda lebih giat dan gencar dalam melakukan diskusi. Terutama terkait dengan isu-isu daerah agar nanti pemerintah pusat bisa mencarikan solusinya.

“Melalui forum ini kita ingin pusat melihat apa yang terjadi di lapangan karena kondisi di daerah tidak sama dengan di pusat, dengan membuat diskusi serius maka akan ada jalan untuk solusi terbaik,” ujar Akmal.

“Tentu saja yang basisnya adalah permasalahan permasalahan . Baik itu regulasi, keuangan, dan permasalahan wajib,” lanjutnya.

Rakernas dihadiri seluruh Sekda Provinsi se-Indonesia. Total ada tujuh program prioritas yang dibahas di antaranya Forsesdasi harus diperkuat perannya untuk menyelaraskan isu daerah. Mendiskusikan dampak-dampak pilkada serentak terhadap pelaksanaan penunjukan kepala daerah yang akan menghabiskan masa jabatanya pada Desember 2023, membangun komunikasi dengan Asosiasi Gubernur dan Bupati/Wali Kota untuk mendiskusi permasalahan daerah, melakukan diskusi dengan kementerian terkait untuk permasalahan daerah dan menyampaikan hasilnya kepada pemerintah pusat.[]