.
.
.

Amblas Jalan Nasional di Gunung Seulawah Terus Berulang

Jalan Nasional Banda Aceh-Medan, Km 81, di kawasan Simpang Beutong, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie amblas, Sabtu sore, 21 Januari 2023. Foto ini direkam oleh salah seorang pengguna jalan dan disebar ke media sosial beberapa saat setelah kejadian. (Sumber: Medsos)

PORTALNUSA.com | PIDIE – Kerusakan Jalan Nasional Banda Aceh-Medan di kawasan Gunung Seulawah (wilayah Kabupaten Aceh Besar dan Pidie) terus berulang. Kasus terbaru –badan jalan amblas—terjadi lagi di Km 81, Simpang Beutong, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie.

Badan jalan nasional di kawasan Simpang Beutong tersebut dilaporkan amblas membentuk lubang dan rekahan besar terjadi Sabtu sore, 21 Januari 2023. Kasus itu mendapat perhatian pengguna jalan dan menyebarkan foto kondisi jalan ke berbagai media.

Ketika berita ini tayang, Senin siang, 23 Januari 2023, belum didapat informasi sejauh mana kemajuan pekerjaan perbaikan badan jalan tersebut. Namun, berdasarkan pengamatan PortalNusa, hingga Minggu sore, 22 Januari 2023, proses pekerjaan masih berlangsung.

Data yang dihimpun PortalNusa.com, kerusakan Jalan Nasional Banda Aceh-Medan di kawasan Gunung Seulawah sudah berlangsung tahunan dan terus berulang dari satu titik ke titik lainnya, bahkan ada yang terjadi pengulangan di titik serupa.

Pada tahun 2022 terjadi empat titik amblas, masing-masing di wilayah Kabupaten Pidie sebanyak tiga titik (Km 80, 81, 84) dan satu titik lainnya di wilayah Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar.

Sementara pada 2020, amblas terjadi kawasan Tahura (Taman Hutan Raya) Pocut Meurah Intan, Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, persisnya di lereng Gunung Seulawah Inong. Waktu itu, badan jalan selebar sekitar tujuh meter tersisa 2,5 meter dengan panjang kerusakan mencapai 20 meter.[]