Terjebak Lubang Jalan di Genangan Banjir, Pengendara Sepmor Jungkir Balik

Foto tangkapan video yang diposting Aswadi Hasbi dari lokasi kecelakaan di lubang jalan kawasan Keuniree, Pidie. (Diteruskan oleh Murdani/PortalNusa.com)

PORTALNUSA.com | SIGLI – Lubang jalan yang dibiarkan tanpa penanganan sangat berisiko bagi pengendara, bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Sebuah video berdurasi 22 detik yang merekam kecelakaan pengendara sepeda motor terjadi di jalan utama, kawasan Keuniree, Pidie.

Tayangan video yang kini viral tersebut memperlihatkan seorang pria memacu sepeda motor di ruas jalan yang terendam banjir. Pria tersebut membonceng seorang perempuan.

Persis di depan DPC PKB Pidie, tiba-tiba sepeda motor terjebak dalam lubang jalan.

Tak ayal, sepeda motor yang sedang melaju kencang itu hilang keseimbangan.

Meski masih bisa menguasai kendaraannya tidak terjatuh, tetapi perempuan yang diboncengnya terpelanting dari sepeda motor dan jatuh dalam genangan banjir.

Masyarakat di sekitar lokasi berteriak kaget, bahkan terdengar suara seorang laki-laki dalam tayangan video itu mengeluarkan kata-kata bernada kesal kepada si pengemudi sepmor.

“Pakon teuga that kaplueng (kenapa kencang sekali kamu memacu kendaraan).”

Pada detik-detik hampir bersamaan terlihat warga menolong perempuan yang terjerembab di genangan banjir. Begitu juga pengemudi sepmor, setelah memarkirkan kendaraannya terlihat mendekat kepada si perempuan.

Video dan beberapa foto peristiwa itu dilengkapi keterangan yang di bawahnya tercantum laporan Aswadi Hasbi Kabupaten Pidie.

Si pelapor menulis, “hujan yang menguyur kabupten pidie pada minggu 29 januari 2023 malam membuat sebagian kecamatan dikawasan pidie dilanda banjir, tidak hanya menggenangi desa desa namun beberapa ruas jalan protokol dikawasan kota sigli juga ikut tergenang. akibat genangan air setinggi lutut orang dewasa itu sebagian jalan yang masih berlubangpun tertutupi air banjir . sehingga tak jarang beberapa kendaraan roda dua yang coba menerebos banjir ikut terjungkal karena terperosok di lobang jalan. bahkan ada yang membuat penumpang sampai terjatuh.”

Lubang maut

Kasus jalan berlubang bukan hanya terjadi di wilayah Kabupaten Pidie tetapi hampir merata di kawasan lainnya.

Di Jalan Nasional Banda Aceh-Medan, misalnya, banyak lubang jalan yang mengancam pengendara. Tak jarang terjadi kecelakaan fatal ketika pengendara secara reflek mengelak dari jebakan lubang.

Kejadian terbaru dialami salah satu mobil rombongan Pengurus PWI Aceh, T. Haris Fadhillah yang meluncur dari Banda Aceh ke Langsa, Minggu malam, 29 Januari 2023.

Saat memasuki kawasan Sungai Raya, Aceh Timur, mobil terjebak lubang jalan yang sangat dalam dan tajam. Akibatnya, ban depan mobil sebelah kiri pecah. Masih untung, Haris mampu mengendalikan laju mobil dan menepi.

“Ketika saya sedang memasang ban serap, terjadi lagi peristiwa beruntun terhadap dua mobil lain di lubang yang sama,” kata Haris menyiratkan kekecewaannya karena kerusakan jalan nasional itu terkesan dibiarkan hingga korban terus berjatuhan.[]