.
.
.

Tim Gabungan Atasi Dampak Hujan Lebat di Sabang, Warga Diimbau Tetap Waspada

Alat berat menangani dampak bencana dalam wilayah Kota Sabang sejak beberapa hari terakhir. (Humas Pemko Sabang)


PORTALNUSA.com | SABANG – Sejumlah kawasan di Kota Sabang dilanda banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan terputusnya akses jalan sebagai dampak hujan deras yang mengguyur wilayah itu.

Puncak cuaca buruk berupa hujan deras dan angin kencang Minggu malam, 29 Januari 2023 menimbulkan dampak serius.

Pj Wali Kota Sabang melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekdako Sabang Faisal Azwar mengatakan sejak minggu malam pemerintah yang dikoordinir BPBD, bergerak bersama Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Satpol PP, aparatur kecamatan dan gampong, serta TNI-Polri, turun langsung ke lapangan menangani dampak bencana.

Dikatakannya, semua unsur terjun ke lapangan menangani kondisi darurat yang terjadi. Seperti longsor di jalan menuju ke Iboih yang sempat tertutup sebagian sudah ditangani.

“Pihak Dinas PUPR menurunkan alat berat untuk mempercepat proses pembersihan ruas jalan akibat tanah longsor dan pohon tumbang,” kata Faisal.

Pemerintah juga terus memantau perkembangan dan situasi di lapangan serta berkoordinasi lebih jauh terkait penanganan bencana terutama yang membutuhkan biaya dan penanganan berat.

“Seperti jalan yang putus, sekolah yang terkena banjir dan rumah masyarakat yang harus segera diperbaiki” terangnya.

Hal senada disampaikan Kalak BPBD Sabang, Syarbini. Menurutnya, penanganan dampak bencana itu dibantu unsur Forkopimda dan instansi terkait, serta TNI-Polri.

“Tim gabungan menangani dan membersihkan dampak tanah longsor serta pohon tumbang di beberapa lokasi,” kata Syarbini.

BPBD Kota Sabang mencatat, akibat hujan deras setidaknya sejumlah kawasan tergenang banjir seperti di Gampong Kuta Barat, Kuta Timu, Balohan, Krueng Raya, Paya Seunara, Iboih, Ie Meulee dan beberapa titik lainnya.

Selain itu, longsor dan pohon tumbang yang cukup berat melanda beberapa wilayah seputar Kota Sabang, yakni Tinjau Alam, Krueng Raya, Ujong Sekundo, dan Cot Meurong-Gapang. Longsor cukup berat juga terjadi di Tek Tok Kuta Timu dan Dapubata Cot Bau yang mengakibatkan beberapa rumah warga rusak berat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Sabang melalui Dinsos PMG PP dan PA juga telah memberikan bantuan tanggap darurat kepada para korban terdampak bencana di beberapa gampong.[]