.
.
.
HUKUM, NEWS  

Kajari Abdya Resmikan Sekolah Sadar Hukum

Kajari Abdya, Heru Wijadmiko foto bersama pada peresmian MAN Inovasi Abdya sebagai Sekolah Sadar Hukum, Kamis, 23 Februari 2023. (Foto for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Abdya diresmikan sebagai Sekolah Sadar Hukum menuju Zona Integritas (ZI).

Peresmian lembaga pendidikan tersebut sebagai Sekolah Sadar Hukum dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Abdya, Heru Wijadmiko, SH, MH, Kamis, 23 Februari 2023.

Prosesi peresmian MAN 1 Abdya sebagai Sekolah Sadar Hukum mengangkat tema, “Kenal Hukum, Jauhi Hukuman.”

Pada kesempatan itu Kajari didampingi Asisten II Setdakab Abdya Liza Marfandi, SSTP, Kakankemenag Abdya Dr. H. Salman Al Farisi, S. Ag, M. Pd, Kasatpol PP Abdya Hamdi SSTP, dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

Kajari Abdya Heru Wijadmiko mengucapkan terima kasih kepada pihak Kemenag atas terjalin kerja sama MAN Inovasi Abdya dengan Kejari Abdya tentang Sekolah Sadar Hukum dan sekolah restorative justice melalui pola pendekatan hukum yang humanis sebagaimana diharapkan Jaksa Agung Republik Indonesia.

Menurut Heru Wijadmiko, pencanangan MAN 1 Abdya sebagai Sekolah Sadar Hukum dan sekolah restorative justice dibarengi dengan kegiatan diskusi panel penyuluhan hukum dan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan dan donor darah.

“Dengan pencanangan Sekolah Sadar Hukum pada MAN 1 Abdya menuju zona integritas dapat menjadi pilot project bagi sekolah-sekolah lainnya,” kata Kajari Abdya.

Kajari Abdya menjelaskan, sekolah restorative justice yang telah diresmikan bukan hanya milik MAN 1 Abdya saja, tetapi juga milik sekolah lainnya yang apabila ada sesuatu persoalan antara guru dengan murid atau guru dengan guru dapat diselesaikan di MAN 1 Abdya ini.

“Kami (jaksa) bersedia menjadi mediator atau fasilitator untuk penyelesaian,” kata Heru.

Pj Bupati Abdya diwakili Asisten II Liza Marfandi menyebutkan, dalam upaya pembangunan nasionalisme yang seragam, pemerintah khususnya Abdya tetap mendukung berbagai program pendidikan. 

“Kami akan terus memberi dukungan pada program yang dapat memperbaiki kualitas pendidikan di lingkungan Kabupaten Abdya pada khususnya,” demikian Pj Bupati Abdya.[]