Cegah Stunting, Murid SDIT Rabbani Quran School Abdya Makan Bersama dengan Menu Ikan Bergizi

Murid-murid SDIT Rabbani Quran School Abdya berkumpul makan bersama dengan menu ikan bergizi sebagai upaya pencegahan stunting. Kegiatan makan bersama ini berlangsung Jumat, 24 Februari 2023. (Foto for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Rabbani Quran School Abdya mengadakan kegiatan makan bersama di sekolah tersebut dengan menu ikan bergizi. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dan arahan Pj Bupati Abdya untuk pencegahan stunting.

Kepala SDIT Rabbani Quran School, Nurlaili Ismawati, S. Pd mengatakan kegiatan itu berlangsung di ruang terbuka sekolah itu, Jumat, 24 Februari 2023.

Menurutnya, murid-murid hanya membawa nasi putih dari rumah masing-masing, sedangkan lauknya telah disediakan dan dimasak oleh pihak sekolah.

“Iya, kita mendukung program bupati terkait pencegahan stunting di Abdya,” kata Nurlaili.

Dikatakan Nurlaili, terkait pencegahan stunting, selama ini murid-murid juga dianjurkan membawa makanan sehat dari rumah dan tidak dibenarkan membawa jajanan.

“K egiatan ini juga bertujuan untuk mempererat ikatan emosional serta menjalin kebersamaan antara guru dan murid,” katanya.

Selain itu, lanjut Nurlaili, pihak sekolah juga memberikan pemahaman tentang pola hidup sehat serta jenis-jenis makanan yang bergizi sesuai anjuran Rasul.

“Kita juga mengingatkan tentang bahaya jika mengonsumsi makanan tidak sehat dan siap saji,” jelas Nurlaili.

Ia juga berharap kepada orang tua supaya berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting di Abdya. “Terutama pemenuhan gizi anak dan asupan gizi tambahan untuk kembang tumbuh anak,” tandasnya.

Sebelum makan bersama, murid-murid SDIT Rabbani Quran School diarahkan berkumpul di halaman sekolah. Disana peserta didik diingatkan kembali dan diarahkan tentang adab sebelum dan sesudah makan seperti mencuci tangan, duduk dengan tertib, mengawali dengan membaca basmalah dan doa, menggunakan tangan kanan, tidak sambil berdiri, tidak meniup makanan dan diakhiri dengan doa setelah makan.[]