.
.
.

“Insya Allah Bu Afsah Segera Huni Rumah Baru,” ujar Pj Bupati Abdya dengan Suara Terbata-bata

Bu Afsah didampingi Pj Bupati Abdya, Darmansah, SPd, MM dan istrinya Zulhijjah foto bersama sekaligus merekam video yang berisi pernyataan Darmansah untuk segera membangun rumah keluarga miskin yang berlokasi di Gampong Muka Blang, Kecamatan Kuala Batee, Abdya tersebut. Pj Bupati Abdya dan rombongan meninjau langsung kondisi rumah Afsah, ba’da subuh, Senin, 13 Maret 2023. (Foto Bagian Umum Setdakab Abdya/Portalnusa.com)

USAI shalat subuh, Senin, 13 Maret 2023, Pj Bupati Abdya, Darmansah bersama istrinya, Zulhijjah dan beberapa pejabat utamanya bergerak dari pendopo di Blangpidie menuju Gampong Muka Blang, Kecamatan Kuala Batee. Tujuan Darmansah untuk memastikan keberadaan seorang warganya bernama Bu Afsah (50) yang hidup memprihatinkan di sebuah rumah rumah reot di kampung tersebut. Bersama Pj Bupati Abdya ikut juga Kabag Prokopim Indra Darmawan, Kabag Umum Alman Safriandi, Camat Kuala Batee Khairuman, dan Keuchik Muka Blang Arabi. Suasana pertemuan yang mengharukan di rumah Bu Afsah dilaporkan oleh Wartawan Portalnusa.com, Muhammad Taufik.

Tiba di Desa Muka Blang, Kecamatan Kuala Batee, ba’da subuh itu, Darmansah dan rombongan langsung ke rumah Bu Afsah. Rombongan disambut langsung oleh Bu Afsah, sang pemilik rumah reot yang dia huni bersama keluarganya selama bertahun-tahun.

Mendapati kenyataan memprihatinkan itu, Darmansah langsung berucap bahwa Bu Afsah memang layak dibantu. Darmansah langsung memerintahkan Sekretaris Baitul Mal Abdya agar secepatnya membangun rumah untuk Bu Afsah.

“Keluarga ini memang layak kita bantu rumah baru,” kata Darmansah.

Mendengar ucapan itu dari mulut Darmansah, Afsah yang sehari-harinya sebagai buruh kasar ini menangis haru dan mengucapkan syukur serta ucapan terima kasih kepada Pj Bupati Abdya.

“Doa kami untuk mendapatkan rumah layak huni terjawab. Alhamdulillah. Terima kasih Pak,” ujar Afsah, ibu lima anak tersebut sambil menangis haru.

Darmansah mengakui, semua ini atas kehendak Allah SWT. Sikap gerak cepatnya merupakan kewajiban sebagai pemimpin.

“Itu semua sudah gerak Allah. Sebagai pemimpin saya wajib memperhatikan warga saya. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menginformasikan mengenai kondisi ril masyarakat di desa-desa, termasuk Bu Afsah,” ujar Darmansah.

Berawal dari video pendek

Usai berkeliling melihat kondisi rumah Bu Afsah, Darmansah duduk berdiskusi sambil sarapan pagi bersama anggota rombongannya.

Tiba-tiba muncul seorang perempuan yang memperkenalkan diri bernama Ira Maya, pegiat sosial asal Kecamatan Babahrot. Ira menghampiri Pj Bupati Darmansah yang sedang berdiskusi.

Menurut Ira, video yang menayangkan permohonan Bu Afsah agar pemerintah bisa membangunkan rumah layak huni untuk keluarganya merupakan hasil rekamannya. Ira menyebarkan video itu ke jejaring medsos sehingga viral bahkan akhirnya sampai kepada Pj Bupati Abdya.

Dalam video tersebut, Afsah memperlihatkan kondisi rumahnya beratap rumbia dan bocor di sana-sini. Menurut Afsah, dirinya tak sanggup membangun rumah karena penghasilan suami sebagai pedagang di Pasar Pagi Blangpidie mereka fokuskan untuk biaya pendidikan anak-anaknya.

Kehadiran Darmansah bersama istri ke rumah Bu Afsah juga diabadikan dalam bentuk video. Dalam video tersebut Darmansah didampingi Bu Afsah dan istrinya menyatakan setuju dengan keputusan keluarga tersebut untuk mendahulukan kepentingan pendidikan anak-anak mereka sehingga belum bisa berpikir untuk membangun rumah.

Dengan suara terbata-bata—dalam tayangan video itu—Darmansah memastikan Bu Afsah dan keluarganya akan segera memiliki rumah baru yang layak huni. “Insya Allah segera kita bangun,” ujar Darmansah.

Tak ayal, penegasan Darmansah disambut tangis haru Bu Afsah sambil merangkul istri bupati yang berdiri di sampingnya. Sebuah akhir yang sangat dramatis sebagai jawaban atas doa tak pernah henti dari Bu Afsah dan keluarganya. []