.
.
.

Mau Tahu Sejarah Sabang? Saksikan Tarian Drama Kolosal Pembukaan SMF 2023

Penari di bawah arahan koreografer Yusri Dek Gam melakukan latiihan untuk tampil maksimal pada pembukaan Sabang Marine Festival 2023 pada 17 Maret 2023. (Dok Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Tarian kolosal berjudul “Tuah Bak Jaro Panglima” yang melibatkan ratusan penari akan tampil pada pembukaan Sabang Marine Festival (SMF) 2023 pada 17 Maret 2023. Tarian tersebut akan menceritakan sejarah panjang Pulau Weh (Sabang) dan akan menjadi salah satu penampilan paling spektakuler.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, mengatakan pihaknya menghadirkan koreografer Aceh ternama Yusri Dek Gam yang merupakan pencipta tarian ratoh jaro sekaligus koreografer tari kolosal yang dibawakan 1.000 penari di Istora Senayan pada 2010.

“Insya Allah kita akan menghadirkan 100 penari pada pembukaan SMF 2023. Untuk hasil maksimal kita minta Dek Gam bersama tim untuk melatih para penari,” kata Rezaq Fahlevi.

Koreografer sekaligus pelatih tari pembukaan SMF 2023, Yusri Dek Gam menerangkan, drama tari kolosal ini mengangkat kisah tokoh-tokoh Panglima Laot di Aceh.

“Tarian kolosal kali ini kita konsep seperti drama, bagai mana Kota Sabang pertama kali. Berawal dari masa penjajahan Yunani sampai embarkasi haji dan Sabang masa kini. Kalau mau tahu bagaimana kisahnya, mari sama-sama kita saksikan pada pembukaan SMF23,” ujar Dek Gam.

Seratusan lebih penari drama kolosal “Tuah Bak Jaro Panglima” tersebut ditarikan oleh 75 penari asal Sabang dan 45 penari dari Institut Seni Budaya Indonesia Aceh. (adv)