.
.
.

Misteri Menara Saidah, Gedung tanpa Penghuni Menyala Merah saat Magrib

Menara Saidah tampak menyala merah saat Magrib padahal gedung itu sudah lama kosong tanpa dialiri listrik.Misteri Menara Saidah kini viral di media sosial. (Foto tangkapan layar dari video warga/MNC)

MENARA Saidah di Jalan MT Haryono, RT.3/RW 01, Cikoko, Pancoran, Kota Jakarta Selatan menjadi gedung terbengkalai sejak 2007. Penyebabnya karena kontruksi gedung ini miring beberapa derajat dan dianggap membahayakan keselamatan penghuni jika tidak dikosongkan. Sejak beberapa waktu terakhir, Menara Saidah viral karena terlihat menyala merah setiap magrib padahal sudah cukup lama gedung itu tidak dialiri listrik. Portalnusa.com merangkum berbagai sumber untuk mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi di Menara Saidah.

Pengakuan mengejutkan warga soal Menara Saidah menyala merah saat magrib. Penampakan itu viral di media sosial. Sebab,

Pada 2007, Menara Saidah ini resmi ditutup untuk umum karena pondasi gedung tidak tegak berdiri dan miring beberapa derajat sehingga dianggap membahayakan keselamatan penghuni gedung.

Sekretaris RW 01, Muhammad Akbar (42) menjelaskan, peristiwa Menara Saidah menyala merah yang viral tersebut sebagai suatu hal yang mustahil.

“Menurut saya sih mustahil, soalnya di Gedung Menara Saidah ini sudah tidak dialiri listrik sejak puluhan tahun lalu,” ujar Akbar, dikutip dari MNC, Selasa, 28 Maret 2023.

Akbar menambahkan, meski menjadi gedung kosong, Menara Saidah masih dijaga oleh tiga orang petugas setiap harinya. Menara Saidah tersebut masih digunakan untuk sejumlah kegiatan tertentu.

“Setahu saya sih gedungnya masih dipakai, pada perayaan Hari Raya Kurban pihak pengelola suka memotong hewan kurban di dalam pelataran gedung itu,” kata Akbar.

Sementara itu, sejak lama Menara Saidah gelap gulita tidak ada listrik. Dia pun tidak meyakini adanya kebakaran atau peristiwa ganjil lainnya karena dapat dipastikan dirinya beserta warga juga mengetahui hal tersebut.

Akbar menambahkan, pihak pengelola Menara Saidah berencana melakukan renovasi namun hingga saat ini belum ada realisasinya. “Yang kami tahu juga, gedung ini sempat diwacanakan mau direnovasi tetapi belum terealisasi,” katanya.

Pantauan di lokasi, pada pukul 16.45 WIB Menara Saidah terlihat sepi dan tidak terurus. Gedung itu terlihat lusuh jika dipandang dari semua sisi.

Ada seorang Satpam berjaga-jaga di gedung itu. Saat ingin konfirmasi perihal Menara Saidah menyala merah, petugas keamanan tersebut merasa keberatan. Dia juga melarang mengambil gambar secara dekat. Hingga kini misteri menyala merah di Menara Saidah masih tetap misteri.[]