.
.
.

Ketua Umum PBSI: Era Kebangkitan Bulutangkis Aceh Mulai Terlihat

Ketua Umum Pengprov PBSI Aceh, Safaruddin foto bersama dengan Irwasda dan Kabid Propam Polda Aceh, unsur pengurus dan atlet usai silutarahmi dan buka puasa bersama di Banda Aceh, Jumat, 31 Maret 2023. (Foto PBSI Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Ketua Umum Pengprov PBSI Aceh, Safaruddin mengatakan, bulutangkis Aceh mulai memasuki era kebangkitan dengan munculnya atlet berbakat dari sejumlah kabupaten/kota.

“Dulunya bulutangkis di Aceh belum ada apa-apanya. Tetapi dengan kepengurusan sekarang sudah mulai memperlihatkan peningkatan baik sistem rekrutmen atlet maupun prasarana latihan yang representatif,” kata Safar—panggilan akrab Ketua PBSI Aceh— usai buka puasa bersama pengurus di Cafe Breaktime, kawasan Batoh, Banda Aceh, Jumat, 31 Maret 2023.

Menurut Safar, atlet hasil rekrutmen dari kabupaten/kota tersebut kini sedang diseleksi untuk bisa masuk dalam Pelatda PON XXI Aceh-Sumut.

Safaruddin yang juga Wakil Ketua DPR Aceh menyebutkan, dari beberapa event yang digelar sudah memperlihatkan potensi atlet muda berbakat dari sejumlah daerah di Aceh.

“Tinggal prestasinya saja untuk menunjang kebangkitan bukutangkis Aceh,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam kurun waktu setahun kepengurusan PBSI Aceh sudah digelar sejumlah turnamen di antaranya  Kapolda Cup dan Kejuaraan Provinsi 2022.

Menjelang PON Aceh-Sumut 2024, PBSI Aceh sudah menjaring 14 atlet putra dan 4 putri dan mereka siap bersaing untuk masuk dalam skuad tim bulutangkis Aceh.

Hasil seleksi ini nantinya akan diambil setengah dan  rencananya setelah Idul Fitri 1444 H atlet ini sudah masuk pelatda sentralisasi yang langsung ditangani KONI Aceh.

Untuk memantapkan jam terbang atlet, kata Safar, nantinya apakah mereka akan latihan di Aceh atau dikirim ke Pulau Jawa atau disarankan kepada KONI untuk mendatangkan pelatih dari luar.

Safar berharap cabang bulutangkis Aceh dengan atlet yang ada mampu menyumbang medali di pentas nasional.

“Meski berat namun kita targetkan tim bulutangkis Aceh mampu bersaing dengan atlet nasional dan internasional yang juga turun pada PON Aceh-Sumut,” kata Safar, optimis.

Acara buka puasa bersama turut dihadiri Irwasda Polda Aceh, Kabid Propam, para Wakil Ketua dan Bidang PBSI Aceh. []