.
.
.

Ulama Besar Mesir Isi Pengajian Tastafi di Masjid Raya Baiturrahman

Informasi kedatangan ulama besar Mesir, Syekh Usamah Sayyid Al-Azhari ke Aceh termasuk mengisi pengajian Tastafi di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. (Dok Panitia)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Ulama Besar Mesir, Syekh Usamah Sayyid Al-Azhari akan mengisi majelis pengajian dan zikir Tastafi (Tasawwuf, Tauhid, Fiqih) di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh sebagai bagian lawatannya selama tiga hari ke Aceh, 5-7 Mei 2023.

Syekh Usamah merupakan Guru Besar bidang hadis dan musnid dunia (pemegang sanad-sanad dari berbagai penjuru dunia). Syekh Usamah merupakan salah satu ulama terbaik yang lahir dari rahim Al-Azhar di abad ini.

Koordinator Majelis Pengajian dan Zikir Tastafi, Tgk Marwan Yusuf yang juga Keuchik Kampung Baru mengatakan, Syekh Usamah akan mengisi pengajian pada Jumat/malam Sabtu, 5 Mei 2023.

Pengajian kali ini secara spesial ikut disemarakkan oleh pelantun shalawat internasional, Mustafa Atef yang merupakan pelantun nasyid qamarun yang ikut bersama Syekh Usamah selama di Aceh.

“Mustafa Atef akan melantunkan beberapa shalawat pilihan di depan masyarakat Aceh nantinya di Masjid Raya Baiturrahman,” kata Tgk Marwan.

Tgk Mujtahid selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan, Syekh Usamah akan membaca hadis arba’in karya Imam Nawawi yang akan diakhiri dengan pemberian ijazah secara umum.

Untuk itu, para jamaah diharapkan membawa kitab matan arba’in atau dapat mendownload file pdf.

Tgk Mujtahid menyampaikan bahwa kedatangan syekh kali ini tidak terlepas dari doa-doa para pecinta beliau yang selama ini mengikuti dari media sosial dan semoga kedatangan Ini menjadi euforia bagi masyarakat Aceh untuk dapat melihat secara lansung sosok idola mereka.

“Mudah-mudahan kunjungan beliau dapat meningkatkan ghirah keilmuan dan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan,” kata Tgk Mujtahid.

Tgk Mujtahid menambahkan, kedatangan ulama Azhar ini merupakan buah dari usaha kolektif dan komunikasi yang intens yang dibangun dengan Syekh oleh IKAT (Ikatan Alumni Timur Tengah) dengan Ma’had Aly MUDI Masjid Raya Samalanga.

Dalam mengadakan kegiatan ini, IKAT berkolaborasi dengan berbagai pihak, yaitu MPU Aceh, Tastafi, Ma’had Aly MUDI, Masjid Raya Baiturrahman, UIN Ar-Raniry, Zawiyah Nurunnabi, ISAD dan komunitas-komunitas anak muda, Ruwaqul Ghazali, Raisul Fata, dan Majelis At-Taufiq.

Selain mengisi pengajian Tastafi di Masjid Raya Baiturrahman, Syekh juga dijadwalkan mengisi beberapa kegiatan di UIN-Ar-Raniry dan Zawiyah Nurunnabi. Selanjutnya Syekh dijadwalkan mengunjungi berbagai situs tsunami dan sejarah, terutama peninggalan Habib Abdurrahman Azzahir.

Dalam berbagai pengajian di TV Nasional Mesir, Syekh Usamah sering menyebutkan nama Aceh dan Habib Azzahir sebagai Alumni Al-Azhar yang berkiprah di Aceh.[]