Banjir Rendam Jalan Nasional Banda Aceh-Meulaboh di Kawasan Teunom

Foto dokumen: Limbah batu bara di Pantai Peunaga Pasi, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. Foto direkam 10 Maret 2023. (Foto kiriman Fuadri/DPRA)

PORTALNUSA.com | TEUNOM – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Aceh Jaya dan Aceh Barat sejak Sabtu, 6 Mei 2023 menyebabkan banjir di beberapa titik dalam kedua daerah tersebut.

Pantauan Portalnusa.com, salah satu kawasan yang terendam banjir pada Minggu, 7 Mei 2023 adalah beberapa desa di Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat dan Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.

Di Kecamatan Arongan Lambalek banjir terlihat merendam Gampong Peuribu di sisi Jalan Nasional Meulaboh-Calang. Ketinggian genangan ada yang sudah masuk ke rumah penduduk.

Selain rumah penduduk, banjir di Arongan Lambalek juga merendam areal masjid di kawasan itu.

Sementara itu di Kecamatan Teunom banjir merendam badan jalan negara di Gampong Baro.

Banjir yang merendam badan jalan di kawasan Gampong Baro merupakan kejadian rutin setiap kali Krueng Teunom meluap.

Hingga pukul 14.00 WIB, Minggu, 7 Mei 2023, kendaraan berbagai jenis masih relatif aman menerobos genangan meski dipandu oleh aparat kemanan dari TNI/Polri.

Cuaca di wilayah Aceh Barat dan Aceh Jaya sejak pagi hingga sore ini mendung tipis dan perjalanan terasa adem.

Sedangkan sehari sebelumnya hujan lebat mulai dari perbatasan Aceh Besar-Aceh Jaya hingga ke Meulaboh, Aceh Barat.

Kawasan Gampong Baro, Kecamatan Teunom berjarak 186 km dari Banda Aceh, 39 km dari Calang (ibu kota Kabupaten Aceh Jaya), dan 60 km dari Meulaboh (ibu kota Kabupaten Aceh Barat). []