Enam Tahun Mangkrak, Pembangunan Pasar Modern Abdya Dilanjutkan

Pj Bupati Abdya, Darmansah didampingi Asisten II Setdakab Liza Marfandi, Kadis PUPR Alfian Liswandar dan Kadis Perkim dan LH Rahwadi saat meninjau lokasi lanjutan pembangunan pasar modern di Gampong Kedai Siblah, Kecamatan Blangpidie, Abdya, Rabu, 3 Mei 2023. (Foto Prokopim Setdakab Abdya/For Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Pj Bupati Abdya, Darmansah melanjutkan proyek pembangunan pasar modern di Gampong Kedai Siblah, Kecamatan Blangpidie setelah mangkrak selama enam tahun tanpa kejelasan.

Pembangunan pasar modern dengan anggaran Rp 45 miliar tersebut kembali dilaksanakan setelah sekian lama terbengkalai akibat pemutusan kontrak oleh Pemkab Abdya karena progres fisik pekerjaan rekanan masih sangat rendah yakni 26 persen hingga masa kontrak berakhir.

“Dalam waktu dekat ini akan kita lakukan tender pekerjaan,” kata Pj Bupati Abdya, Darmansah saat meninjau pembersihan lokasi bangunan pasar, Rabu lalu.

Dijadwalkan, dalam dua minggu ke depan sudah dilelang namun bisa lebih cepat lagi. “Saat ini hanya menunggu pengesahan akhir dari review fesibility study (FS) yang sedang dikerjakan oleh Dosen Universitas Syiah Kuala (USK),” kata Darmansah.

Darmansah menjelaskan, perjalanan rencana lanjutan pembangunan pasar modern ini ia minta kepada Pj Gubernur Aceh agar memberikan rekomendasi terhadap dana yang tersedia dalam DIPA sisa dari pasar modern untuk lanjutan pembangunannya.

Pihaknya juga memohon pendapat hukum kepada Kajati Aceh terkait pembangunan pasar modern, sebab pihak Kejati Aceh pernah melakukan pemeriksaan pembangunan pasar tersebut. Pemkab Abdya menerima balasan surat dari Kejati Aceh yang menyatakan tidak ada masalah jika proyek tersebut dilanjutkan.

Tak sebatas itu, Darmansah bersama tim Pemkab Abdya mendatangi BPKP Aceh guna permohonan audit proyek pembangunan pasar modern, dan kalau itu dilaksanakan BPKP Aceh menyarankan agar review desain, uji struktur sebelum proyek dilelang.

Darmansah juga menyampaikan, untuk pembagunan lanjutan pasar modern tersebut sudah terpenuhi secara hukum, secara AMDAL, dan secara lingkungan.

Kunjungan Pj Bupati Abdya Darmansah ke lokasi pembangunan pasar modern itu didampingi Asisten II Setdakab Liza Marfandi, S. STP, Kadis PUPR Alfian Liswandar ST, dan Kadis Perkim dan LH Rahwadi, ST.[]

 

Penulis: Muhammad TaufikEditor: Nasir Nurdin