.
.
.

Masyarakat Pulo Aceh Minta Penyesuaian Rute KMP Papuyu, Ini Respons Ketua DPRK Aceh Besar

Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali. (Dok DPRK Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali, SPd, MSi, menyurati PT. ASPD Indonesia Cabang Banda Aceh dan Dishub Aceh terkait permintaan penambahan dan penyesuaian rute KMP Papuyu ke Pulo Aceh untuk memajukan sektor wisata dan penyeberangan masyarakat ke wilayah kupulauan tersebut.

“Benar kita sudah menyurati pihak Dishub dan ASDP terkait penambahan rute ini,” kata Iskandar kepada media ini, Selasa, 29 Mei 2023.

KMP Papuyu

Surat itu ia keluarkan setelah dirinya menerima audiensi masyarakat Kecamatan Pulo Aceh pada 5 Mei 2023. Di mana dalam audiensi tersebut masyarakat meminta agar adanya penambahan rute KMP Papuyu dari Pelabuhan Ulee Lheu.

Pasalnya, keberadaan KMP Papuyu sendiri saat ini sudah sangat membantu geliat ekonomi dan transportasi laut bagi masyarakat Pulo Aceh baik pada sektor wisata maupun penyeberangan.

“Karena dengan majunya sektor wisata di Pulo Aceh selain akan memajukan ekonomi masyarakat setempat, juga akan menambah PAD bagi Kabupaten Aceh Besar secara khusus dan Aceh secara umum,” ujarnya.

Selanjutnya Iskandar mengatakan, dalam audiensi tersebut, masyarakat juga meminta penambahan dan penyesuaian rute pelayaran KMP Papuyu menjadi empat kali frekuensi penyeberangan dalam sepekan.

“Kalau bisa menjadi empat kali seminggu, dengan melintasi dua pulau penyeberangan sekaligus, yakni KMP Papuyu terlebih dahulu transit ke Pulau Nasi, baru kemudian melanjutkan penyeberangan ke Pulau Breuh,” ujarnya.

Karena hal itu pula, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Pulo Aceh, akan transportasi laut yang memadai, ia meminta agar Dishub Aceh dapat memfasilitasi dan mengakomodir permintaan masyarakat.

“Kemudian untuk PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Banda Aceh agar dapat memenuhi dan menerima permintaan masyarakat dengan berpedoman kepada aturan dan petunjuk teknis di bidang pelayaran perintis,” demikian Ketua DPRK Aceh Besar.(adv)