ATLM dari Sabang Juara Lomba Mikroskopis Malaria Tingkat Nasional

Irnawati

PORTALNUSA.com | SABANG – Irnawati, yang sehari-hari bekerja sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) di Puskesmas Pria Laot, Kota Sabang, mengharumkan nama Aceh setelah berhasil menjadi juara Mikroskopis Malaria Tingkat Nasional.

Menanggapi sukses tersebut, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih dengan harapan semangat Irnawati dapat meluas ke seluruh ASN lingkup Pemko Sabang.

“Kami atas nama pemerintah beserta seluruh jajaran mengapresiasi atas prestasi yang luar biasa ini, tetap semangat dan tetap berprestasi,” kata Pj Wali Kota Sabang, Kamis, 8 Juni 2023.

Lomba diikuti 34 ATLM dari 34 provinsi di Indonesia. Artinya, ATLM yang mengikuti lomba ini adalah ATLM terbaik yang mewakili provinsinya masing-masing.

Irnawati mengatakan, ia telah melalui berbagai tahapan hingga berhasil mengukir nama Aceh di piala bergilir pada Kejuaraan Mikroskopis Malaria Tingkat Nasional yang digelar dalam rangka memperingati Hari Malaria Sedunia 2023.

Berbagai tahapan panjang tersebut, mulai dari seleksi yang dilakukan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) DWP Aceh, kemudian berhasil lolos proses kurasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan RI, hingga akhirnya membawa harum nama Aceh dan Kota Sabang khususnya.

Menurut informasi, Irnawati dari Aceh berada pada peringkat pertama disusul peringkat kedua Kalimantan Utara, dan peringkat ketiga DIY Yogyakarta. Piala bergilir akan diserahkan pada acara puncak peringatan Hari Malaria Sedunia yang oleh Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin, di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kaltim pada 15 Juni 2023.

Irna berharap, Aceh dapat mempertahankan piala bergilir tersebut dan prestasi ini menjadi contoh baik kepada para ATLM maupun tenaga medis lainnya.

“Sabang yang merupakan daerah yang sudah mendapatkan sertifikat eliminasi malaria dapat terus mempertahankannya agar kasus malaria tidak ditemukan lagi di Kota Sabang, khususnya di masa pemeliharaan agar wisatawan yang berkunjung ke Sabang nyaman menikmati liburan,” harapnya.(adv)