Dekranasda Sabang Raih Dua Penghargaan di Event Dekranasda Aceh

Penyerahan penghargaan untuk Dekranasda Kota Sabang.(Foto Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sabang meraih dua penghargaan pada kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda dan Pameran Kerajinan Unggulan Kabupaten/Kota se-Aceh Tahun 2023.

Kegiatan digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Pala, Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, 15-17 Juni 2023.

“Alhamdulillah Sabang meraih dua penghargaan yaitu juara II lomba laporan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Aceh dan juara II lomba produk kerajinan unggulan desain kreatif dan inovatif,” kata Pj Ketua Dekranasda Kota Sabang, Kamelia Nasri, Minggu, 18 Juni 2023.

Menurutnya, juara II laporan ketua dekranasda ini dinilai berdasarkan penyampaian laporan dan isi laporan mengenai program kerja serta capaian kinerja Dekranasda Kota Sabang tahun 2023 dan rencana kegiatan 2024.

Sedangkan produk yang dibawa olewh kontingen Sabang juga mereaih juara II berupa lampu dari kerajinan paralon bekas, yang dikombinasikan dengan kerajinan kayu kelapa. “Ini merupakan kerajinan yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan daur ulang,” jelas Kamelia Nasri.

Produk inovasi ini merupakan rancangan kombinasi, kerajinan paralon dari Bina Bestari dan kerajinan kayu kelapa khusus dirancang oleh Kudus Nazardy, salah satu perajin dan Pengurus Dekranasda Kota Sabang.

Pada Pameran Kerajinan Unggulan Kabupaten/Kota Se-Aceh Tahun 2023, Kota Sabang juga membuka stand yang ramai dikunjungi masyarakat.

Selain itu, produk UMKM dan kerajinan Kota Sabang sangat diminati pengunjung sehingga banyak yang terjual bahkan memesan produk-produk Kota Sabang.

“Alhamdulillah produk kita laku keras. Semoga dengan kegiatan ini kita dapat terus memberdayakan dan mempromosikan produk-produk UMKM dari perajin di Kota Sabang,” demikian Pj Ketua Dekranasda Kota Sabang, Kamelia Nasri.[]