.
.
.

Satpol PP dan WH Aceh Barat Bongkar ‘Pondok Mesum’, Nyaris Baku Hantam

Pembongkaran pondok kafe oleh Tim Satpol PP dan WH Aceh Barat di Pantai Ujung Karang, Meulaboh, yang disinyalir jadi tempat mesum, Senin, 19 Juni 2023.(Foto Rico Maharsi/Portalnuisa.com

Laporan Rico Maharsi, Aceh Barat

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) kabupaten Aceh Barat dibantu TNI dan Polri membongkar pondok di sepanjang Pantai Ujong Karang, Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, 14.30 WIB, Senin, 19 Juni 2023.

Pondok-pondok tersebut dibongkar lantaran sering dijadikan tempat maksiat atau mesum, bahkan sudah sangat meresahkan warga.

“Sebelum kita melakukan pembongkaran sudah kita lakukan beberapa upaya seperti pemantauan langsung dan memberi peringatan kepada pemilik kafe,” kata Kasatpol PP dan WH Aceh Barat, Azim NG, M.Si kepada wartawan di sela-sela proses pembongkaran pondok.

Selain peringatan pihaknya juga sudah memberi surat teguran hingga melakukan rapat dengan pihak muspika dan muspida untuk pembongkaran pondok-pondok di sejumlah kafe tersebut.

“Peringatan dan surat teguran sudah kita berikan supaya pondok yang tidak layak atau melanggar syariat untuk segera dibongkar, ternyata tidak dibongkar juga. Jadi hari ini kita membongkarnya,” terang Azim.

Azim berharap dengan adanya pembongkaran di sejumlah kafe tersebut maka kawasan Pantai Ujong Karang menjadi lokasi rekreasi islami.

Suasana tegang sempat terjadi lantaran adanya aksi adu mulut dan baku hantam antara petugas dengan pemilik kafe yang tidak menerima pondoknya dibongkar, namun aksi tersebut cepat dilerai sehingga suasana pembongkaran kembali berjalan.

Salah seorang pemilik kafe, Afza menyebutkan dirinya melakulan perlawanan karena tidak terima kafenya dibongkar dengan tidak wajar.

“Bagaimana saya tidak marah, janjinya yang dibongkar yang diberi tanda silang tapi ini yang tidak disilang juga dibongkar, jadi kemana kami cari rezeki lagi,” tegas Afza. []