.
.
.

Aktivis RAPI Banda Aceh Uji Kemampuan Lacak Signal Melalui Kegiatan Fox Hunting

Peserta Fox Hunting Fun Game RAPI Kota Banda Aceh mendengarkan arahan dari panitia pelaksana menjelang pelepasan untuk memburu signal radio tersembunyi di sekitar kawasan Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu malam, 8 Juli 2023. (Foto WhatsApp Grup RAPI Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Aktivis komunikasi yang bergabung dalam wadah Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Banda Aceh menggelar kegiatan Fox Hunting Fun Game untuk kalangan internal yang dipusatkan di kawasan Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Sabtu malam, 8 Juli 2023.

Informasi yang diterima Portalnusa.com menyebutkan, kegiatan Fox Hunting Fun Game tersebut dilaksanakan oleh sejumlah aktivis RAPI Kota Banda Aceh dari unsur Satuan Tugas Komunikasi (Satgaskom).

“Kegiatan ini selain sebagai wadah silaturahmi juga menjadi ajang uji kemampuan bagi relawan RAPI dalam melacak dan menemukan signal tersembunyi yang ditempatkan pada titik-titik tertentu. Kemampuan ini penting jika sewaktu-waktu ada signal pengganggu yang harus ditemukan,” kata Rahmat Baiquni/JZ01BTG, salah seorang unsur pelaksana kegiatan.

Menurut Rahmat, kegiatan Fox Hunting Fun Game RAPI Kota Banda Aceh diikuti tiga tim dengan jumlah peserta dari masing-masing tim sebanyak dua orang. Panitia memancarkan tiga signal tersembunyi menggunakan tiga frekuensi  yang ditempatkan secara acak.

Dengan menggunakan peralatan pendeteksi signal, peserta berusaha menemukan signal radio yang dipancarkan secara periodik dan diletakkan pada lokasi tersembunyi.

“Peserta diberi waktu sekitar 30 menit untuk menemukan signal tersembunyi itu,” ujar Rahmat Baiquni didampingi sejumlah rekannya yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut seusai melepas peserta fox hunting pada pukul  22.15 WIB, Sabtu malam, 8 Juli 2023.[]