Pemkab Abdya Siapkan Peserta ke MTQ Provinsi di Simeulue

Ubaidillah, S.Ag. (Dok DSI for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Pemkab Abdya melalui Dinas Syariat Islam (DSI) melakukan seleksi peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36  Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Simeulue.

Kepala DSI Abdya, Ubaidillah, SAg mengatakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) berlangsung sehari penuh di Aula Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya yang dilakukan oleh enam orang penyeleksi dari LPTQ Aceh.

Menurut Ubaidillah peserta yang mengikuti STQ berasal dari sembilan kecamatan di Abdya dengan jumlah peserta 121 orang. Rinciannya, cabang Qira’atil Quran 35 orang, hafizh 27 orang, fahmil 5 regu (15 orang), syarhil 10 grup (30 orang), dan khatt 14 orang.

Sedangkan cabang tilawah Quran sebanyak 8 orang (putra/putri) golongan tartil, golongan anak-anak, golongan remaja dan golongan dewasa. Mereka merupakan peraih juara satu pada MTQ Tingkat Kabupaten Abdya pada 15-18 Juli 2023.

“Hasil seleksi akan diumumkan oleh tim LPTQ karena sepenuhnya kewenangan mereka. Dinas Syariat Islam Abdya hanya memfasilitasi saja,” kata Ubaidillah.[]