Barak Santri Dayah Darul Hikmah Peunaga Rayeuk Terbakar

Tim Pemadam Kebakaran bersama aparat TNI di lokasi kebakaran barak santri Dayah Pesantren Darul Hikmah Islamiyah, Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Senin, 24 Juli 2023. (Dokumen Dayah Darul Hikmah)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Kebakaran terjadi di Kampus Yayasan Dayah/Pesantren Darul Hikmah Islamiyah, Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Senin pagi, 24 Juli 2023. Kebakaran itu menyebabkan tiga barak santri hangus.

Informasi yang diterima Portalnusa.com dari relawan RAPI di Kecamatan Meureubo, Amiruddin HS/JZ01EYN yang akrab disapa Mendek mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 08.30 WIB ketika sebagian santri sedang istirahat di barak masing-masing.

Menurut Mendek, ada tiga barak yang terbakar. Hampir semua barang-barang milik santri tak bisa diselamatkan karena api begitu cepat menjalar dari satu barak ke barak lainnya.

“Untungnya armada pemadam cepat tiba di lokasi sehingga kebakaran tidak merembet ke jejeran barak di bagian belakang,” kata Mendek  mengutip kesaksian mayarakat dan santri dayah Almarhum H. Anshari tersebut.

Pascakebakaran itu, santri mengungsi ke barak-barak lainnya di lingkungan dayah. “Alhamdulillah tak ada korban dan puing-puing kebakaran mulai dibersihkan,” ujar Mendek  menggambarkan kondisi pada Senin siang di dayah yang kini dipimpin oleh Tgk. Faudhal H. Anshari tersebut.[]