.
.
.

Ayu Marzuki ke Gayo Lues, Pastikan Transisi PAUD ke SD Menyenangkan

Bunda PAUD Aceh, Ayu Marzuki ketika bersama anak-anak dan guru Taman Kanak-Kanak di kecamatan Kuta Panjang, Negeri Seribu Bukit. Rabu, 26 Juli 2023.(Foto Humas Disdik Aceh)

PORTALNUSA.com | BLANGKEJEREN – Bunda PAUD Aceh, Ayu Marzuki memberikan edukasi kepada guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di kecamatan Kuta Panjang, Negeri Seribu Bukit. Rabu, 26 Juli 2023.

Dalam kesempatan ITU, Ayu Marzuki memberikan materi tentang enam pondasi dasar transisi dari PAUD ke SD yang seyogianya dipahami oleh para guru.

Turut mendampingi Ayu Marzuki dalam kunjungan ITU Plt Wakil Ketua PKK Gayo Lues Ny. Jata serta Plt. Sekda Gayo Lues Jata. SE. MM dan jajaran kepala SKPK Gayo Lues.

Ayu Marzuki mengungkapkan bahwa setiap satuan pendidikan memiliki tanggung jawab untuk membangun enam fondasi pendidikan yang esensial bagi anak-anak.

Fondasi tersebut terdiri dari pengenalan nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa, kematangan emosi yang cukup, pemahaman terhadap proses belajar yang positif, keterampilan motorik, perawatan diri yang memadai, dan perkembangan kognitif.

Dalam pengajarannya, Ayu Marzuki menekankan pentingnya menyediakan sistem pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak TK.

Ia menjelaskan bahwa anak-anak usia TK memiliki cara berpikir yang unik dan untuk memahami dunia di sekitar mereka, setiap anak biasanya menggunakan pendekatan yang berbeda.

“Karena anak-anak TK sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, orang tua dan guru harus memaksimalkan proses pembelajaran mereka. Anak-anak TK sangat aktif dan tertarik dengan hal-hal baru,” ujar Ayu.

Kunjungan Ayu Marzuki ke Gayo Lues juga bertujuan untuk memastikan transisi dari PAUD ke SD berjalan lancar dan menyenangkan tanpa memberikan tekanan berlebih pada anak-anak.

Ia menegaskan bahwa pada tahap ini, bukan baca-tulis-hitung yang utama, melainkan memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berinteraksi dengan baik di lingkungan sekolah dan bersama teman sekelas. Aktivitas seni seperti menggambar, mengarang, dan menyanyi juga harus didukung dengan kegembiraan.

Di TK Negeri 1 Kuta Panjang, Ayu Marzuki melihat dengan saksama lingkungan sekolah dan berinteraksi dengan anak-anak PAUD beserta orang tua mereka. Ia berpesan kepada pengurus TK Negeri 1 untuk terus melengkapi fasilitas yang belum ada dan meningkatkan yang sudah ada agar proses pendidikan semakin optimal.[]

 

 

Writer: Meylida AbdaniEditor: Nasir Nurdin