HUKUM, NEWS  

KIP Aceh Ambil Alih KIP Kota Langsa dan Aceh Tamiang

Agusni AH selaku Wakil Ketua KIP Aceh dan Ketua Divisi Datin KIP Aceh saat supervisi dan monitoring kesiapan posko penerimaan pindah pemilih di Kantor PPK Langsa Barat, Kota Langsa, Rabu 9 Agustus 2023. (Dok KIP Aceh/Agusni AH)

Laporan Saiful Alam, Kota Langsa

PORTALNUSA.com | KOTA LANGSA – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk sementara mengambil alih KIP Kota Langsa dan Aceh Tamiang dikarenakan berakhirnya masa tugas komisioner periode sebelumnya pada akhir Juli 2023.



Dua anggota KIP Aceh, Agusni AH dan Iskandar A Gani turun ke Kota Langsa, Rabu 9 Agustus 2023 untuk mengemban tugas sebagai pelaksana Komisioner KIP Kota Langsa dan Aceh Tamiang sebelum dilantiknya anggota KIP periode 2023-2028 di kedua daerah tersebut.

Wakil Ketua KIP Aceh, Agusni AH saat dikonfirmasi wartawan di Sekretariat KIP Kota Langsa mengatakan, sejak 9 Agustus 2023 pihaknya resmi mengambil alih tugas KIP Kota Langsa dikarenakan belum dilantiknya anggota KIP yang baru, untuk melanjutkan beberapa agenda kepemiluan.

Pertama, kata Agusni, pihaknya sudah melaksanakan rapat pleno tentang pergantian antarwaktu (PAW) seorang anggota DPRK Langsa dari partai Hanura atas nama Dedi Saputra.

Kedua, akan memeriksa kesiapan posko DPTB karena sekarang sudah masuk tahapan penyusunan dan pendaftaran DPTB, terhitung 22 Juni 2023 sampai 7 Februari 2024.

Agusni yang merupakan Koordinator Wilayah KIP Kota Langsa, Aceh Tamiang dan Aceh Singkil melanjutkan, saat ini sedang mengarahkan teman-teman penyelanggara di tingkat bawah dari KIP Provinsi, Kab/Kota, PPK sampai PPS untuk membuat posko penerimaan DPTB.

“Artinya ketika ada warga atau masyarakat yang ingin pindah memilih, bisa melaporkan ke PPS, PPK atau langsung ke KIP Kab/Kota,” katanya.

“Pindah memilih ini berlaku bagi orang-orang yang sudah terdaftar dalam DPT dengan 9 kondisi, diantaranya karena tugas belajar, tugas kerja, bencana alam dan kondisi lainnya,” jelas Agusni.

“Insya Allah kehadiran kita di sini sampai Hari Jumat 11 Agustus, karena selanjutnya akan ke Aceh Tamiang dengan agenda yang sama seperti di Kota Langsa, bedanya tidak ada PAW. Di sana kita juga akan menginput informasi terkait rekrutmen calon anggota KIP Aceh Tamiang”, pungkas Agusni AH. []