Kappah Aceh; Mengobarkan Spirit Perjuangan Bersama Sosok Inspiratif Malahayati

Pendiri, Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan Pengurus Kappah foto bersama di sela-sela ziarah ke makam Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Kamis, 17 Agustus 2023. (Dok Kappah for Portalnusa.com)

MOMENTUM peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan oleh Komunitas

Perempuan Peduli Aceh (Kappah). Salah satu agendanya adalah ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati di Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya (Krueng Raya), Aceh Besar,  Kamis, 17 Agustus 2023.

Kegiatan ziarah yang dilaksanakan Kappah Aceh ke makam Laksamana Malahayati terlihat bersahaja.

Puluhan peserta ziarah yang terdiri para Pendiri, Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan Pengurus  mengenakn busana seragam motif merah putih.

Ketua Umum Kappah, Nurlaila mwngatakan, peringatan HUT ke-78 RI yang mereka laksanakan mengusung tema besar, “Melaju untuk Indonesia Maju” dan subtema, “Memaknai Kemerdekaan dengan Semangat Para Perjuang Perempuaan Aceh”.

Sekretaris Umum Kappah, Ken Endah Yustikarini, SH kepada media ini menambahkan, zirah ke Makam Laksamana Malahayati selain untuk mengenang jasa pahlawan juga bisa menginspirasi perempuan Aceh pada khususnya untuk berperan dalam pembangunan nasional.

Hal senada disampaikan Bendahara Umum Kappah, Cut Farah Nazla.

“Bangsa ini pantas berbangga dengan Laksamana Malahayati sebagai panglima perang angkatan laut dari kaum perempuan Aceh,” ujar Cut Farah yang akrab disapa Unyak, Bacaleg DPRA Dapil Aceh Timur dari Partai Gerindra.

Ziarah ke makam Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati diisi dengan doa bersama dipimpin oleh Yusri VE, pendiri Kappah. Juga diserahkan bingkisan untuk penjaga makam.

Turut hadir dalam ziarah tersebut Dewan  Pembina Kappah, Ibu Zulhafah, Ibu Sam Reje serta Dewan Pengawas, Ibu Fauziah Daud. []