Kasus Pasien Infeksi Saraf Otak, Bupati Aceh Selatan dan Pj Bupati Abdya Pastikan Al-Furqan Mendapat Penanganan Medis Terbaik

Pj Bupati Abdya, Darmansah dan Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma (kanan) melihat kondisi Al-Furqan Munanta (11), bocah yatim piatu dari Desa Panjupian, Kecamatan Tapaktuan yang dirawat di RSUDZA Banda Aceh akibat penyakit infeksi saraf otak dan kasus gizi buruk. Kehadiran kedua elite pimpinan ini disambut oleh Tarman (tengah), paman dari Al-Furqan, Senin, 28 Agustus 2023.(Foto Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Bupati Aceh Selatan Tgk Amran diwakili Sekda Cut Syazalisma membezuk Al-Furqan Munanta (11), bocah yatim piatu dari Desa Panjupian, Kecamatan Tapaktuan yang sedang dirawat di RSUDZA Banda Aceh akibat penyakit infeksi saraf otak dan kasus gizi buruk.

Bersamaan dengan kunjungan Sekda Aceh Selatan juga datang Pj Bupati Abdya, Darmansah bersama istrinya, Hj. Zulhijjah. Kedua pejabat ini diterima oleh Tarman yang merupakan paman dari Al-Furqan yang selama ini mengasuhnya.

Kepada Portalnusa.com, Sekda Aceh Selatan dan Pj Bupati Abdya mengatakan, kedatangan mereka ke RSUDZA untuk melihat kondisi Al-Furqan yang merupakan pasien intervensi Dinas Sosial Aceh Selatan yang selanjutnya dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh.

Ketika berkunjung ke RSUDZA—Ruang Arafah 1 Kamar 2—tempat Al-Furqan dirawat sejak 24 Agustus 2023, Sekda Aceh Selatan dan Pj Bupati Abdya mendapatkan penjelesan dari Tarman mengenai riwayat penyakit keponakannya termasuk penanganan medis yang dilakukan.

“Pada awal 2023 lalu, anak kami ini juga pernah dirawat di sini,” ujar Tarman didampingi istrinya.

Selain mendapat informasi dari pihak keluarga, kedua pejabat tersebut juga berkonsultasi dengan Kepala Ruangan Arafah 1 dan perawat yang menanganinya.

“Kami hanya bertugas sesuai arahan dokter dan memastikan pasien terlayani dengan baik selama dalam perawatan. Sedangkan mengenai penyakit, sepenuhnya kewenangan dokter untuk menjelaskan,” kata Kepala Ruangan ketika konsultasi dengan Pj Bupati Abdya Darmansah didampingi Sekda Aceh Selatan Cut Syazalisma.

Darmansah mengatakan, atas nama pribadi maupun putra Aceh Selatan yang kini dipercaya sebagai Pj Bupati Abdya ingin memastikan Al-Furqan mendapatkan penanganan medis terbaik.

“Kami berkeyakinan pihak RSUDZA bisa memberikan penanganan terbaik kepada ananda kami Al-Furqan. Kami siap berkoordinasi terus dengan tim medis di RSUDZA jika memang ada kendala atau solusi terbaik untuk yang bersangkutan,” kata Darmansah dibenarkan Sekda Aceh Selatan.

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan diwakili Sekda Cut Syazalisma juga memastikan akan memberikan perhatian sungguh-sungguh terhadap warga mereka yang kini sedang menjalani penanganan medis di RSUDZA Banda Aceh.

Mengenai kebutuhan biaya untuk keluarga yang mendampingi pasien selama menjalani perawatan/pengobatan di rumah sakit, menurut Cut Syazalisma akan diupayakan oleh Pemkab Aceh Selatan.

“Semoga keluarga sabar menghadapi musibah ini dan ananda Al-Furqan bisa sembuh dari penyakitnya,” demikian Sekda Aceh Selatan.[]