Peringati HUT Ke-78 PMI, Ini Kegiatan yang Dipimpin Pj Bupati Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto memeriksa kesehatan sebelum mendonorkan darah pada rangkaian acara apel siaga dalam rangka HUT ke-78 PMI di Markas PMI, Gampong Bada, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besat, Minggu, 17 September 2023. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto memimpin apel HUT ke-78 Palang Merah Indonesia (PMI) dan pelantikan Pengurus Ranting PMI Kecamatan periode 2023-2028 di Markas PMI Aceh Besar, Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu, 17 September 2023.

Dalam apel itu Muhammad Iswanto menyampaikan ucapan selamat HUT ke-78 PMI dan mengapresiasi pimpinan serta relawan PMI Kabupaten Aceh Besar atas dedikasi dan pengabdiannya dalam membantu masyarakat.

Sebelum membacakan sambutannya, Pj Bupati Iswanto mengajak seluruh hadirin dan peserta upacara untuk mendoakan Bupati Aceh Besar periode 1993 1998, HT Untung Juana yang baru meninggal dunia, di Jakarta.

Menurut Iswanto, PMI merupakan sumber kasih umat manusia, peran PMI dalam memajukan kesehatan dan kemanusiaan di wilayah Kabupaten Aceh Besar begitu penting.

Iswanto juga mengucapkan selamat kepada Pengurus Ranting PMI kecamatan periode 2023-2028 yang baru saja dilantik. Semoga dapat menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

Selain itu Iswanto berharap agar Pengurus PMI terus memperkuat kelembagaan, karena team work PMI ke depannya dituntut semakin solid. Usai memimpin apel, Iswanto melakukan donor darah di Markas PMI Aceh Besar.

Sementara Ketua PMI Aceh Besar, Ir. H. Mawardi Ali mengatakan, hadirnya PMI memang untuk kemanusiaan seutuhnya dan tanpa membedakan suku, ras, agama dan bangsa.

“Kita bergabung di sini pada HUT ke-78 PMI murni karena kemanusiaan dan suka rela tanpa adanya paksaan,” ucapnya.

Dikatakan Mawardi, PMI Aceh Besar telah bekerjasama dengan Pemkab Aceh Besar, salah satunya dalam hal donor darah.

“Semoga kerja sama ini teruslah terjalin, sehingga PMI melalui Public Safety Center (PSC) yang merupakan wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat, tepat dan cermat pra rumah sakit secara gratis bagi masyarakat selama 24 jam dapat memiliki stok darah sesuai kebutuhan masyarakat Aceh Besar pada khususnya,” pungkas Mawardi.

Pada HUT ke-78 PMI tersebut hadir juga Ketua PMI Aceh, Drs. Saiful Fata, MT, Pengurus Basarnas Aceh, anggota DPRA Aceh Dapil 1, Ketua PMI Aceh Besar Ir. H. Mawardi Ali, Forkopimda Aceh Besar, Pj Ketua PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani, Asisten 1 Aceh Besar Farhan AP, para Kepala OPD, Direktur PDAM Aceh Besar dan Sekretaris DPRK Aceh Besar, Kabag Prokopim, Forkopimcam Ingin Jaya, para camat dan Pengurus Ranting PMI Se-Aceh Besar, dan KSR serta Pengurus PMR se-Aceh Besar.[]