Benda-benda Jadul Wartawan di Stand PWI Arena PKA Menarik Perhatian Gen-Z

Anak-anak Generasi Z tampak serius memperhatikan dan mencatat nama-nama benda yang dipamerkan di Stand PWI Aceh arena PKA-8 pada hari pertama PKA, Minggu, 5 November 2023. (Dokumen PWI Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Stand PWI Aceh di arena PKA-8 yang berada satu atap dengan IJTI menarik minat pengunjung, terutama generasi Z (Gen-Z) kelahiran 1995-2010.

Koordinator Stand PWI Aceh di arena PKA-8 Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Abdul Hadi mengatakan, pihaknya ‘surprise’ karena yang menyerbu Stand PWI Aceh justru anak-anak milenial, meski tak kurang juga orangtua dan dewasa.

Fenomena itu mulai terjadi pada malam pembukaan PKA-8, Sabtu malam, 4 November 2023.

“Adik-adik Gen-Z tersebut singgah secara berkelompok atau dipandu orangtua. Mereka terlihat sangat antusias menyiratkan keheranan melihat benda-benda yang dipamerkan dan banyak bertanya tentang benda-benda yang menurut mereka sangat asing itu,” kata Hadi didampingi koordinator penjaga stand, Meylida Abdani.

Benda-benda yang notabene adalah peralatan kerja para wartawan masa lalu itu di antaranya pesawat telepon portabel, alat perekam audio, kamera foto, kamera video, mesin ketik, dan lain-lain.

Petugas stand menjelaskan secara mendetail rentang peralatan, tahun pembuatan/penggunaan, dan bedanya dengan peralatan berbasis teknologi digital.

“Ini bagian edukasi yang diberikan PWI untuk generasi muda agar mereka tak lupa sejarah agar lebih termotivasi menghadapi masa depan,” kata Nasir Nurdin.

Selain memajangkan benda-benda sejarah milik para wartawan lintas media, juga ditayangkan foto-foto dan video sejarah organisasi PWI dari masa ke masa.

“Juga ada brosur yang kita bagi untuk pengunjung berisi berbagai informasi tentang kewartawanan, dasar hukum, dan tokoh-tokoh penting di balik organisasi PWI Aceh,” demikian Ketua PWI Aceh. []

Writer: Abdul HadiEditor: Nasir Nurdin