HIS, NEWS  

35 Etnis Rohingya Ditemukan dalam Truk Ditutup Terpal tanpa Nopol di Aceh Timur

Puluhan Imigran Rohingya yang ditemukan dalam sebuah truk diamankan di Idi Sport Center (ISC) Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Minggu siang, 19 November 2023. (Foto kiriman warga for Portalnusa.com)

Laporan Saiful Alam, Aceh Timur

PORTALNUSA.com | ACEH TIMUR – Sebanyak 35 Imigran etnis Rohingya asal Myanmar diamankan dari sebuah truk di Kabupaten Aceh Timur.

Truk yang terjaring razia polisi di Madat, Aceh Timur yang di dalamnya ternyata ada 35 etnis Rohingya, Minggu siang, 19 November 2023. (Foto kiriman warga for Portalnusa.com)

Para pengungsi Rohingya tersebut diamankan usai dilaporkan mendarat dari sebuah kapal di kawasan pantai di Kecamatan Madat, Minggu 19 November 2023.

Menurut informasi, ada sebanyak 35 imigran Rohingya yang diamankan. Mereka diamankan dalam sebuah truk kuning yang ditutupi terpal tanpa nomor polisi. Ketika ditemukan truk tersebut mengarah ke Medan.

Saat ini, para imigran itu telah dievakuasi ke Idi Sport Center (ISC) Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur. Sebanyak 35 imigran etnis Rohingya itu terdiri 18 orang laki-laki serta 17 orang perempuan dan anak-anak.

Salah seorang imigran Rohingya bernama Jalaluddin mengatakan, awalnya mereka dibawa menggunakan kapal berbendera Bangladesh menuju khusus ke Indonesia.

Jalaluddin menyebutkan, mereka sudah empat hari di laut, sebelum diturunkan.

“Kami sempat diturunkan di Aceh Utara, tetapi karena ditolak kemudian diturunkan di Madat,” ujarnya.

Menurut perkiraan beberapa sumber, rombongan Rohingya yang ditemukan dalam truk tersebut berbeda dengan yang dari Bireuen dan selanjutnya ke Aceh Utara. []