Air Terjun Pria Laot, Surga Tersembunyi di Ujung Barat Indonesia

Penyerahan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2023. Air Terjun Pria Laot Sabang Juara I kategori Surga Tersembunyi di Indonesia. (Dok Pemko Sabang)

KOTA Sabang kembali torehkan prestasi pada ajang bergengsi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023. Kali ini, Air Terjun Pria Laot Kota Sabang meraih penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Surga Tersembunyi.

Penetapan pemenang itu diumumkan pada malam puncak penganugerahan API Award 2023 di Kota Ambon, Maluku, Rabu, 1 November 2023. Kemenangan ajang bergengsi ini merupakan prestasi kedua yang diraih pada tahun 2023.

Air Terjun Pria Laot Sabang, Pulau Weh yang sangat alami tersembunyi di rimbunnya hutan. (Foto: safariwisata.co.id)

Sebelumnya Kota Sabang  berhasil meraih juara I ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, di mana Gampong Iboih, Kota Sabang berhasil memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai Desa Wisata dengan populasi lumba-lumba terbanyak.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan penghargaan yang kita raih ini bisa menjadi motivasi pemerintah dan masyarakat Kota Sabang untuk dapat terus merawat, menjaga, dan melestarikannya,” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi.

Dia berharap untuk ke depannya harus dapat mengembangkan dan memperbaiki seluruh potensi wisata yang ada di Kota Sabang.

Menurutnya, penghargaan ini harus  menjadi pemicu pelaku pariwisata di Sabang untuk lebih semangat dalam meningkatkan kualitas daya tarik dan memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan.

Reza menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan sahabat pariwisata yang telah mendukung Kota Sabang dalam ajang apresiasi wisata nasional ini.

Air Terjun Pria Laot Kota Sabang meraih juara I kategori Surga Tersembunyi dengan jumlah voting 29,97 persen.

Tropy juara I yang diraih Kota Sabang pada ajang bergengsi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023 untuk destinasi wisata Air Terjun Pria Laot Kategori Surga Tersembunyi. (Dok Pemko Sabang)

Untuk kategori surga tersembunyi lainnya peringkat kedua diraih Pulau Meatimlarang, Kabupaten Maluku Barat Daya (23,62 persen) dan peringkat ketiga diraih Air Terjun Talisewu Kabupaten Kolaka Timur (23,36 persen).

“Selama ini mungkin hanya segelintir wisatawan yang tahu dan telah berkunjung ke destinasi wisata Air Terjun Pria Laot,” kata Reza.

Dengan keluarnya sebagai juara I dalam ajang bergengsi ini, semoga akan menjadi magnet untuk menarik wisatawan berkunjung ke objek wisata air terjun, maupun ke destinasi wisata lainnya,” harapnya.

Pemerintah Kota akan terus melakukan peningkatan sarana dan prasarana pada destinasi wisata tersebut, agar mudah diakses oleh para wisatawan yang datang berkunjung.

Pada prinsipnya Kota Sabang akan terus berbenah selain menawarkan sejumlah destinasi wisata seperti pantai, taman laut dan wisata alam juga objek wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Salah satu dari sekian banyak objek wisata di Sabang adalah Air Terjun Pria Laot yang belum banyak diketahui wisatawan.

Di mana objek wisata satu ini menawarkan berbagai sensasi keindahan alam sekitarnya.

Sebagai gambaran, air terjun ini terletak di Kecamatan Suka Makmue, sekitar 25 km dari pusat Kota Sabang.

Pesona Air Terjun Pria Laot ditatap dari sisi lain. (Dok Pemko Sabang)

Air Terjun Pria Laot memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan pancaran air jernih berwarna biru kehijauan.

Terletak di tengah-tengah hutan yang masih alami dan asri, air terjun ini menyajikan keindahan alam yang bekal menenangkan hati para wisatawan yang datang berkunjung.

Untuk mencapai Air Terjun Pria Laot, para wisatawan harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer dari area parkir kendaraan dan melewati jalan setapak yang lintasannya agak sedikit menanjak.

Namun, ketika tiba di air terjun tersebut, rasa lelah berjalan kaki dipastikan akan langsung sirna dengan keindahan alam yang tersaji sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Apalagi rasa lelah tersebut segera tergantikan dengan decak kagum saat melihat langsung sensasi indahnya lokasi air terjun dan keindahan panorama sekitar lokasi.

Selain menikmati keindahan alam sekitarnya, para pengunjung juga dapat berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun.

“Air di kolam sangat jernih dan segar, sehingga sangat cocok untuk menenangkan diri sambil bermuhasabah atas indahnya ciptaan Allah SWT yang sangat menakjubkan itu,” ujar seorang tokoh Sabang.

Air Terjun Pria Laot juga memiliki fasilitas yang memadai, seperti kamar mandi, warung makan, dan tempat parkir.

Sensasi melewati jalan setapak menuju Air Terjun Pria Laot. (Dok Pemko Sabang)

Pengunjung dapat bersantai dan menikmati keindahan alam tanpa kuatir kekurangan fasilitas,” lanjut Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi.

Secara keseluruhan, keindahan Air Terjun Pria Laot Sabang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bagi siapapun yang menyukai petualangan alam.

Air terjun ini menawarkan pengalaman penuh sensasi yang membuat pengunjung pasti terkesan dan ingin cepat-cepat menyambanginya kembali.

Perjalanan ke destinasi wisata yang berada di dalam hutan itu, pengunjung memiliki kesempatan menikmati hutan lindung yang masih asri.

Bahkan beberapa fauna liar juga bisa dilihat secara langsung di sepanjang jalan setapak.

“Namun jika pengunjung ingin mendapatkan pemandangan yang menakjubkan maka, datanglah ke Air Terjun Pria Laot pada bulan Juni hingga Agustus. Di bulan tersebut, pengunjung pasti disuguhkan pemandangan berbeda yang sangat indah dan menarik dengan beragam kupu-kupu menghiasi kawasan wisata Air Terjun Pria Laot,” demikian Reza Fahlevi.[]