Cabang Khattil Quran Aceh Besar Siap Mendulang Hasil Terbaik di MTQ Simeulue

Pelatih Khattil Quran Aceh Besar, Nasruan Hakim memantau langsung peserta yang sedang latihan di Pemondokan Kafilah MTQ Aceh Besar, Gampong Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Sinabang, Selasa, 28 November 2023.(Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | SiNABANG – Cabang khattil Quran kafilah Aceh Besar yang berkompetisi di MTQ XXXVI Aceh di Simeule—baik putra maupun putri—menyatakan siap memberikan hasil terbaik pada event berskala provinsi tersebut.

“Ada 4 golongan yang diperlombakan pada cabang khattil yaitu naskah, hiasan munshaf, dekorasi dan kontemporer. Kami akan berjuang untuk hasil terbaik,” kata pelatih Khattil Quran, Nasruan Hakim, S.Hum di Sinabang, Selasa, 28 November 2023.

Nasruan yang yang lebih populer di kalangan khattat Aceh dengan sapaan Dek Wan mengatakan, untuk meraih hasil terbaik, sebagai pelatih akan terus mendampingi dan memberikan masukan kepada setiap peserta cabang Khattil Quran.

“Supaya mereka bisa tampil dengan maksimal dan meraih hasil yang terbaik di cabang khattil,” kata Dek Wan.

Ia menjelaskan, ada beberapa perbedaan dari golongan Khattil Quran terutama dari segi bahan dan bentuk hasil karyanya.

Untuk naskah lebih menonjolkan tulisan dan yang dinilai adalah kaidah murni tidak ada unsur lain.

“Sedangkan hiasan mushaf lebih menampilkan wajah mushaf atau sampul Alquran. Sementara golongan kontemporer arahnya lebih ke seni lukis dengan menampilkan huruf yang dimodifikasi bisa bersifat figural, ekspresionis ataupun gabungan antara keduanya,” jelas Dek Wan.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat Aceh Besar untuk memberikan doa dan dukungan, supaya peserta dari Aceh Besar bisa memberikan yang terbaik

“Mohon doa dan dukungan dari semua lapisan masyarakat untuk kafilah kita yang sedang berjuang di MTQ Aceh di Simeulue,” pungkasnya.[]