Buka ‘Pentas Islami Santri’, Kadisdik Dayah Aceh Apresiasi Dayah ZUDI

Kakankemenag Aceh Barat Abrar Zym (kiri) bersama Plt Kadisdik Dayah Aceh, Musmulyadi pada pembukaan Pentas Islami Santri (PIS) Ke-6 Tahun 2023 di Dayah Zainatul Ulum Diniyah Islamiyah (ZUDI), Desa Ujong Tanjong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu, 2 Desember 2023. (Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Plt Kadis Pendidikan Dayah Provinsi Aceh, Musmulyadi, membuka Pentas Islami Santri (PIS) ke-6 Tahun 2023, Sabtu, 2 Desember 2023.

PIS ke-6 Tahun 2023 dilaksanakan Dayah Zainatul Ulum Diniyah Islamiyah (ZUDI), Desa Ujong Tanjong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat mulai 2 hingga 6 Desember 2023.

“Ini bagus, kita apresiasi dan berterima kasih kepada pimpinan Dayah ZUDI. Ini merupakan kreatifitas yang menginovasi untuk memperlombakan beberapa cabang dalam meningkatkan kualitas santri di barat-selatan Aceh,” kata Plt Kadisdik Dayah Aceh, Musmulyadi kepada Portalnusa.com.

Menurutnya, ke depan akan ada event-event lain yang lebih besar sehingga para santri sudah terbiasa mengikuti kegiatan seperti ini.

Dia berharap kepada penyelenggara untuk membuka cabang perlombaan tingkat nasional yang tidak dibuka pada event saat ini seperti kategori Wustha dan Marhalah.

“Alhamdulillah, Dinas Pendidikan Dayah Aceh juga memiliki event rutin seperti ini yang dilaksanakan 2 tahun sekali yang berkolaborasi dengan kemenag Aceh,” ungkapnya.

Selain itu, ia berpesan kepada para santri untuk tetap bersama-sama bersinergi membangun silaturahmi dengan tujuan untuk menjaga negeri ini dan menjaga marwah dan kemuliaan-kemuliaan para ulama dan dayah yang ada di Aceh.

Pimpinan Dayah ZUDI, Tgk. Khairul Azhar menjelaskan kategori cabang yang diperlombakan yakni Musabaqah Qiraatul Kutub Barsela, Musabaqah Fahmul Kutub Barsela, Syarhil Quran tingkat SMP/MTS Aceh Barat dan Nagan Raya, Tahfiz Quran 5 Juz tingkat SMP/MTS Aceh Barat dan Nagan Raya, Pidato Bahasa Indonesia tingkat SD/MI Aceh Barat dan Nagan Raya serta Pidato Bahasa Arab tingkat SD/MI Aceh Barat dan Nagan Raya.

“Di event ini hanya satu kategori tingkat nasional yang kita perlombakan yaitu kategori Ula. Event tahun ini diikuti 169 peserta santri dayah tingkat SD/MI dan SMP/MTS dari Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, Abdya, Aceh Selatan, dan Kota  Subulussalam,” demikian Tgk. Khairul. []