Lagi, Mahasiswa Aceh Meninggal di Mesir, Ini yang Ketiga Sejak 2021

Senator asal Aceh, HM Fadhil Rahmi, Lc, M.Ag bersama sejumlah jamaah shalat Jumat di Masjid Giok Sukamakmue ketika melayat ke kediaman almarhum Mulia Nata bin Jumadi di Desa Lawa Batu, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, 12 Januari 2024. (Foto WAG JMSI Banda Aceh)

PORTALNUSA | SUKAMAKMUE – Mahasiswa Aceh asal Nagan Raya dilaporkan meninggal di Mesir akibat kecelakaan.

Mahasiswa asal Aceh yang meninggal akibat kecelakaan itu bernama Mulia Nata bin Jumadi (29), warga Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya.

Almarhum Mulia Nata merupakan mahasiswa Angkatan 2018 di Al Azhar Kairo, Mesir.

Putra dari Jumadi dan almarhumah Nurmida tersebut mengalami kecelakaan lalulintas dan sempat dirawat selama tiga hari di RS Mustafa Al-Husein, Kairo sebelum akhirnya meninggal dunia, Kamis, 11 Januari 2024. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun.

Kabar duka tentang meninggalnya Mulia Nata bin Jumadi semakin meluas setelah disampaikan oleh senator asal Aceh, HM Fadhil Rahmi, Lc, M.Ag ketika menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Baitul A’la Sukamakmue, 12 Januari 2024.

Syech Fadhil sendiri menerima kabar duka itu dari salah seorang mahasiswa senior Aceh di Mesir, Ustaz Zaki Hidayat.

Ratusan jamaah Masjid Baitul A’la atau lebih dikenal Masjid Giok Nagan Raya melaksanakan shalat ghaib untuk almarhum Mulia Nata bin Jumadi.

Usai Jumat, Syech Fadhil dan sejumlah jamaah bertakziah ke rumah duka di Desa Lawa Batu, Kecamatan Kuala, Nagan Raya.

Kedatangan jamaah dan senator Aceh ini disambut oleh ayahanda almarhum. Jamaah juga menggelar doa bersama untuk almarhum.

“Kami sangat berduka atas kabar ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapi cobaan,” ujar Syech Fadhil yang juga mantan ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh.

Menurut jadwal, Sabtu pagi, 13 Januari 2024 jenazah diberangkatkan ke Jakarta dengan Turkish Airlines dan tiba di Jakarta Ahad sore.

Kemudian pada Senin pagi diterbangkan dari Jakarta ke Aceh dan tiba Senin siang.

“Dari Bandara SIM Blangbintang, melalui jalur darat jenazah dibawa pulang ke Nagan Raya,” kata Syech Fadhil mengutip komunikasinya dengan Ustaz Zaki, senior Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) di Mesir.

Yang ke-3 sejak 2021

Catatan media ini, sejak 2021 sudah tiga mahasiswa asal Aceh meninggal di Kairo, Mesir.

Pada Rabu malam, 7 Juli 2021 pukul 22.30 Waktu Kairo, seorang mahasiswi asal Gampong Kuala Trang, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya bernama Septia Ulfa Lestari (22) meninggal di Kairo akibat sakit.

Berikutnya, pada Selasa, 11 April 2023, mahasiswi asal Kota Subulussalam bernama Yusniati binti Malim Sabar juga meninggal dunia di Kairo, Mesir.

Sedangkan laporan terbaru, mahasiswa asal Aceh yang meninggal di Kairo adalah Mulia Nata bin Jumadi dari Nagan Raya.[]