Ketua DPRK Nagan Raya Bantu Repeater Link untuk RAPI Wilayah 01.13

Ketua DPRK Nagan Raya, Jonniadi disaksikan pejabat Dinas Kominfo Nagan Raya dan unsur pengurus RAPI Wilayah 01.13 menyerahkan fasilitas repeater link untuk perluasan dan penguatan sistem komunikasi RAPI kepada Ketua RAPI Nagan Raya, Agus Salim, Jumat, 19 Januari 2024. (Dok RAPI Nagan Raya)

Laporan Agus Salim, Nagan Raya

PORTALNUSA.com | NAGAN RAYA – Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 01.13 Kabupaten Nagan Raya menerima bantuan satu unit fasilitas repeater (radio pancar ulang) dilengkapi sistem link yang memungkinkan terkoneksi ke sejumlah wilayah di barat-selatan Aceh (Barsela).

Bantuan untuk penguatan dan perluasan jangkaun komunikasi dua arah tersebut diberikan oleh Ketua DPRK Nagan Raya, Jonniadi, SE, M.Si.

Ketua DPRK Nagan Raya, Jonniadi merupakan anggota RAPI dengan callsign JZ01NJY. Bantuan tersebut diserahkan Jonniadi kepada Ketua RAPI Wilayah Nagan Raya, Agus Salim/JZ01AGE di Dinas Kominfo Nagan Raya, Jumat, 19 Januari 2024.

Prosesi itu turut disaksikan Kadis Kominfo Nagan Raya diwakili Kabid Statistik, Farizal, M. Pd dan Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teuku Syamsul Bahri, M. Kom yang juga Sekretaris RAPI Nagan Raya dengan callsign JZ01NTS. Juga hadir sejumlah unsur pengurus dan penasihat RAPI Wilayah Nagan Raya.

Ketua DPRK Nagan Raya mengapresiasi peran serta relawan RAPI dalam tugas-tugas sosial kemasyarakatan termasuk pada saat-saat darurat bencana.

Dengan adanya bantuan repeater tersebut diharapkan bisa memperkuat dan memperluas jangkauan komunikasi relawan RAPI di lapangan—baik untuk pengiriman (transmit) maupun menerima (receive) berbagai informasi semakin lancar.

“Semoga peralatan ini bisa dikelola dengan sebaik-baiknya sehingga memberikan manfaat secara optimal teruma pada saat-saat darurat bencana,” kata Jonniadi.

Ketua RAPI Nagan Raya, Agus Salim menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRK Nagan Raya dan Pemkab Nagan Raya melalui Dinas Kominfo yang telah menjawab kebutuhan organisasi RAPI dalam melaksanakan tupoksinya sebagai organisasi sosial berbasis masyarakat.

Menurut Agus, repeater tersebut akan ditempatkan sebagai master di Suka Makmu (pusat perkantoran Nagan Raya) dan akan di-link ke sejumlah wilayah lainnya di barat-selatan Aceh. “Selain berfungsi sebagai repeater siaga bencana juga bisa dimanfaatkan sebagai media silaturahmi sesame anggota RAPI di Nagan Raya pada khususnya dan relawan RAPI di berbagai wilayah lain,” kata Agus Salim.[]