.
.
.

Selamat Milad Ke-5 ERPA Aceh, sang Pahlawan Jalanan

Relawan ERPA Wilayah Pase memacu kendaraan di tengah kesibukan lalulintas untuk memperlancar laju ambulance yang membawa pasien darurat. (Foto Dokumen ERPA)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Anda pasti sering melihat tim bermotor dengan safety riding lengkap memacu kendaraan ketika mengawal ambulance yang membawa pasien darurat. Ya, itulah anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Emergency Relawan Patwal Atjeh (ERPA).

Pada 24 Februari 2024, ERPA merayakan Milad ke-5 dirangkai dengan Musayawarah Besar (Mubes) memilih kepengurusan baru dan menetapkan program kerja ke depan. Peringatan Milad dan mubes berlangsung di Balai Keurukon, Kompleks Balai Kota Banda Aceh.

Suasana peringatan Milad ke-5 dan Mubes ERPA di Balai Keurukon, Kompleks Balai Kota Banda Aceh, Sabtu, 24 Februari 2024. (Foto Murdani/Portalnusa.com)

Kegiatan tersebut dihadiri anggota komunitas dari berbagai kabupaten/kota di Aceh. “Saat ini ada sekitar 100 anggota yang terdaftar di komunitas ERPA,” lapor Wakil Ketua DPP ERPA, T. Romi.

Menurut Romi, dilandasi semangat kerelawanan dan sosial, mereka akan terus bekerja agar masyarakat mendapatkan manfaat dari pekerjaan yang mereka lakukan.

Komunitas ini merupakan kelompok relawan yang mendedikasikan diri dan keterampilan berkendara untuk membantu masyarakat dalam pengawalan keadaan darurat, seperti pengawalan ambulance dan mobil pemadam kebakaran saat melintas di jalan raya.

“Terima kasih kepada semua anggota ERPA dan masyarakat Aceh yang telah mendukung dan merespons positif kegiatan sosial komunitas ini. Semoga ERPA terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” kata Wakil Ketua DPP ERPA Aceh.

Peringatan Milad ke-5 dan Mubes ERPA dibuka oleh Pembina ERPA Aceh, Alta Zaini.

Menurut Alta, sejak berdiri pada 17 Februari 2019, komunitas ini telah berkembang pesat sehingga kini sudah terbentuk di delapan kabupaten/kota di Aceh.

“Kehadiran komunitas ini bertujuan untuk memberikan bantuan yang cepat dan efektif dalam situasi darurat,” kata Alta.

Alta mengapresiasi dedikasi dan semangat anggota dalam membantu masyarakat Aceh menghadapi situasi darurat.

“ERPA adalah organisasi nirlaba dengan jiwa sosial yang tinggi, telah aktif melaksanakan kegiatan sosial tanpa meminta biaya dari pihak manapun. Dengan semangat yang membara, ERPA terus bergerak dalam kegiatan sosial,” ujar Alta Zaini.

Diharapkan dengan adanya komunitas ERPA, masyarakat Aceh dapat merasa lebih aman dan terlindungi dalam menghadapi keadaan darurat.

Selamat milad relawan ERPA, sang pahlawan jalanan. []