.
.
.

HUT Ke-42 PT PIM; Menggabungkan Semangat Olahraga, Seni, dan Pengabdian Masyarakat

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT ke-42 PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). (Dok PT PIM)

PORTALNUSA.com | ACEH UTARA – HUT ke-42 PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) diwarnai aneka kegiatan yang menggabungkan semangat olahraga, seni, dan pengabdian kepada masyarakat.

HUT ke-42 perusahaan pupuk yang beroperasi di Aceh ini mengusung tema “Breaking the Challenges”. Tema itu sebagai manifestasi semangat untuk mengatasi berbagai tantangan.

Ketua HUT ke-42 PT PIM, Jimmy Fauzan mengatakan, perayaan hari jadi tersebut disemarakkan dengan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang berlangsung sejak 8 Januari hingga 21 Februari 2024.

Beragam cabang olahraga seperti badminton, voli, tenis meja, futsal, viral beregu (lari, sepeda dan jalan), seni film pendek (short movie), seni fashion show (khusus anak-anak), seni paduan suara, dan cabang seni trio vokal.

Menurut Jimmy, kegiatan ini tidak hanya mengusung semangat kompetisi, tetapi juga memiliki dimensi kebersamaan dan berbagi pengetahuan.

Berbagai kegiatan seperti sharing knowledge dan eksibisi olahraga dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan dan memberikan inspirasi bagi karyawan.

Panitia juga melaksanakan kegiatan olahraga lari maraton 5K pada 14 Januari 2024 diikuti 350 peserta (karyawan dan mitra kerja perusahan). Sedangkan pada 3 dan 4 Februari dilaksanakan lomba renang dan atraksi olahraga taekwondo bagi anak-anak karyawan PT PIM serta anak anak lingkungan yang bersekolah di SD, SMP, dan SMA PT PIM.

Jimmy menyebutkan, PIM juga mengadakan pengabdian lingkungan masyarakat (kearifan lokal) seperti tausiah islamiah pada 15 Februari 2024 (ba’da magrib) dan 16 Februari 2024 (ba’da subuh) di Masjid Al Muntaha PT PIM dengan menghadirkan Ustadz Irfan Yusuf.

Juga dilaksanakan Gema Anak Shaleh PIM-2, perlombaan yang dikhususkan bagi anak karyawan dan anak-anak di lingkup Kecamatan Dewantara, Aceh Utara yang dilaksanakan pada 17 dan 18 Februari 2024 di Masjid Al Muntaha PT PIM.

“Kegiatan ini adalah satu upaya nyata perusahaan dengan memberikan wadah yang inspiratif bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang bertanggung jawab, beriman, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Kegiatan ini diikuti 166 anak dari dari 25 SD dan MI di Kecamatan Dewantara,” kata Jimmy.

Sedangkan jenis perlombaan dilaksanakan lomba azan, lomba hafalan ayat pendek, dan lomba hafalan tahfidz (5 juz). PT PIM mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak dalam memahami nilai-nilai keagamaan, moral, dan sosial.

Bersih masjid dan tapak tilas

Vice President Hubungan Masyarakat PT PIM, Zulhadi menyampaikan, dalam rangkaian peringatan HUT ke-42, PIM juga melakukan pengabdian dengan membersihkan masjid dan tapak tilas sejarah Aceh.

Masjid yang dibersihkan di antaranya Masjid Museum Cut Meutia di Pirak Timu, Aceh Utara; Masjid Samudera Pasai, Geudong Aceh Utara; Masjid Awe Geutah, Peusangan, Bireuen; dan Masjid Habib Bugak, Jangka, Bireuen.

PT PIM juga melaksanakan salah satu program perusahan yaitu Inovasi sosial di antaranya Program Dayah Terang Ibadah Gemilang yaitu pembagian bola lampu LED dan Program Pengolahan Sampah Organik untuk Masyarakat Berkelanjutan yaitu sosialisasi kepada masyarakat dalam membagi dan mengolah sampah organik agar dapat dimanfaatkan kembali dengan memberikan compos bag.

“PT PIM juga melakukan penanaman pohon Pucuk Merah di lingkungan masjid yang didatangi. Dalam salah satu kegiatan kearifan lokal ini, karyawan PT PIM secara sukarela mengumpulkan sumbangan untuk diberikan kepada setiap masjid yang didatangi,” sebut Zulhadi.

Zulhadi menambahkan, dengan berbagai kegiatan yang melibatkan karyawan, mitra perusahaan, dan masyarakat sekitar, HUT ke-42 PT PIM tidak hanya menjadi momen perayaan tetapi juga momentum untuk terus berkontribusi positif dalam mengatasi tantangan dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Aceh.[]