.
.

Ditandai Tabuhan Beduk, Aceh Ramadhan Festival Dimulai

Pj Sekda Aceh, Azwardi didampingi Tuha Peut Wali Nanggroe Aceh, H. Sulaiman Abda dan pejabat lainnya menabuh beduk menandai dibukanya Aceh Ramadhan Festival 2024 di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat, 29 Maret 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Penjabat Sekretaris Daerah Aceh Azwardi mewakili Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah membuka Aceh Ramadhan Festival 2024 di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat, 29 Maret 2024.

Festival tersebut digelar Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Pembukaannya ditandai dengan tabuhan beduk oleh Pj Sekda Aceh, Azwardi.

Aceh Ramadhan Festival mengangkat potensi kepariwisataan Aceh melalui beragam event festival budaya dan atraksi wisata.

Pj Gubernur Aceh Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Azwardi  mengatakan event yang telah masuk tahun ke-6 penyelenggaraan ini semakin menguatkan identitasnya sebagai hallmark event daerah Aceh yang merupakan salah satu destinasi wisata halal unggulan di Indonesia.

“Event ini pun menawarkan pengalaman Ramadhan yang sarat dengan perjalanan spiritual dalam balutan tradisi dan budaya Aceh.”

Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh terus mendorong penyelenggaraan event-event festival untuk terus mengangkat berbagai potensi budaya, keunikan dan kekhasan Aceh, termasuk Aceh Ramadhan Festival yang diharapkan mampu menjadi event ciri khas Aceh sebagai Serambi Mekkah.

Aceh Ramadhan Festival sendiri telah berhasil masuk ke dalam Top 110 Event Daerah Terbaik Nasional versi Kemenparekraf RI dan mencatatkan namanya dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Beragam rangkaian kegiatan telah disiapkan agar makin menguatkan ciri khas suasana Ramadhan di Serambi Mekkah.

Pengunjung bisa mencicipi ragam takjil dan ngabuburit dengan nuansa perkampungan lewat berbagai permainan tradisional.

Kemudian pengunjung juga bisa merasakan buka puasa bersama dalam suasana perayaan adat Aceh seperti khauri (kenduri) kanji, khauri peutamat daroh (khatam Alquran) dan khauri Ramadhan.

Ada juga zikir khas Aceh “dalael khairat”, kirab, hingga merasakan perjalanan spiritual bersama majelis zikir, muazin, imam, ustadz dan ulama yang dijadwalkan mengisi ibadah Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman.

Masih berdekatan dengan Kompleks Masjid Raya Baiturrahman, pengunjung juga bisa mengunjungi Sagoe Piasan Aceh di lapangan eks hotel Aceh, yang merupakan rangkaian tak terpisahkan dari penyelenggaraan Aceh Ramadhan Festival 2024.

Beragam tampilan seni tradisi Aceh yang sarat nuansa islami seperti nasyid, gambus, musik etnik religi, tarian tradisi dan hadrah akan menjadi hiburan yang mengiringi suasana berbuka puasa.

Kolaborasi artis nasional Fadly “Padi” dengan seniman Aceh Bur’am dan Rabbani Wahed juga dijadwalkan akan menjadi penutup agenda Sagoe Piasan Aceh di hari terakhir pagelaran Aceh Ramadhan Festival.

Aceh Ramadhan Festival tahun ini diselenggarakan secara kolaborasi melalui banyak pihak, seperti dengan Dinas Syariat Islam melalui UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Pemko Banda Aceh, Kemenparekraf RI, Bank Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Bank Aceh Syariah, Rumah Zakat dan masyarakat di seluruh kecamatan di Kota Banda Aceh.

Aceh Ramadhan Festival dijadwalkan ditutup oleh Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di areal Masjid Raya Baiturrahman.[]