Tgk Ibnu Arhas; Sosok Seniman, Politisi dan Pendakwah Aceh Meninggal Dunia

Almarhum Tgk. Ibnu Arhas bin Tgk. Abdurahman. (Foto: readers.ID)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH –Tgk. Ibnu Arhas bin Tgk. Abdurrahman, sosok seniman, politisi, dan pendakwah berpulang ke rahmatullah dalam usia 72 tahun, Kamis, 9 Mei 2024. Innalillahi wa inna ilahi rajiun.

Berita meninggalnya Ibnu Arhas menyebar cepat  di jejaring medsos termasuk diterima Portalnusa.com dari salah seorang warga Panteriek, Banda Aceh, pada Kamis pagi.

Ibnu Arhas, kelahiran tahun 1952 di Gampong Meunasah Paya, Kecamatan Trienggadeng, Pidie, tinggal di Kompleks Perumahan Gampong Panteriek, Kecamatan Lueng Bata.

Salah satu flyer yang diposting ke medsos mengabarkan meninggalnya Tgk. Ibnu Arhas.

Belum banyak informasiyang diterima media ini tentang penyebab meninggalnya sosok seniman yang sangat populer pada era 1980-an.

Selain sebagai penyanyi religi dan lagu-lagu dangdut Aceh—berduet dengan Cut Rosmawar—Ibnu Arhas juga dikenal sebagai pemeran Hamid dalam drama Aceh berjudul Buloh Peurindu yang sangat menyedot perhatian masyarakat pada masanya.

Sosok Ibnu Arhas juga dikenal sebagai politisi yang bergabung di PPP bahkan pernah duduk sebagai anggota DPRD Pidie pada 1987.

Kemudian pada 1992, Ibnu Arhas menjadi Pengurus DPW PPP Aceh dan pernah diusung menjadi anggota DPRD tingkat I atau DPRA.

Menurut informasi, menjelang ajalnya Ibnu Arhas tidak mengalami sakit yang mengkhawatirkan dan dikabarkan meninggal dunia pada Kamis subuh sekitar pukul 05.00 WIB.[]