Jelang Musda PFI Aceh, Nama M Anshar Santer Disebut-sebut Gantikan Bedu Saini

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh menjadwalkan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) IV di Aula Museum Aceh, Banda Aceh, Sabtu, 11 Mei 2024.

Siaran pers yang diterima Portalnusa.com menyebutkan, salah satu agenda musda adalah memilih dan menetapkan ketua baru untuk masa kepengurusan 2023-2026.

Ketua PFI Aceh periode 2019-2023, Bedu Saini mengatakan, pelaksanaan musda sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PFI.

“Musda memiliki peran penting dalam menentukan arah dan kebijakan organisasi PFI di daerah, dan kita berharap ada wajah-wajah baru dan kebijakan baru untuk mengembangkan organisasi ini,” ujar Bedu menjawab media ini, Kamis malam, 9 Mei 2024.

Bedu menjelaskan, ada sejumlah isu strategis yang harus mendapat perhatian peserta Musda IV untuk jadi program kerja kepengurusan ke depan, di antaranya meningkatkan kualitas dan profesionalisme anggota, pelaksanaan kode etik jurnalistik, memperkuat peran organisasi dalam advokasi pewarta foto, membangun soliditas dan memuat karya jurnalistik yang mendukung kebebasan pers.

“Semoga Musda IV PFI Aceh pada 11 Mei 2024 berjalan lancar dan siapapun nantinya yang terpilih sebagai ketua baru bisa lebih memperluas  jaringan dan komunikasi untuk kemajuan PFI di Aceh,” sebut fotografer senior tersebut.

Ditanya apakah dirinya tidak mencalonkan diri lagi sebagai Ketua PFI Aceh periode 2023-2026, Bedu secara tegas mengatakan tidak dan siap menyerahkan tongkat  estafet kepada yang muda dan energik.

“Tantangan organisasi ini ke depan semakin berat dan beragam. Makanya diperlukan sosok-sosok anak muda yang akan melanjutkan kepemimpinan. Saya yakin peserta musda akan memilih yang terbaik di antara kader-kader yang kita miliki,” kata Bedu.

Nama M Anshar mencuat

Pemantauan media ini, hingga H-1 pelaksanaan musda tidak terlihat gerak atau manuver berupa persaingan antar-kandidat ketua menggalang dukungan.

Meski demikian, nama M Anshar  semakin santer disebut-sebut untuk menggantikan Bedu Saini.

Bedu Saini yang dimintai tanggapannya tentang fenomena pra-musda yang sangat menyejukkan mengatakan, “ya memang begitulah tradisi kami di PFI. Tak ada perebutan posisi, semuanya cair dalam spirit kebersamaan dan profesionalisme.”

Mengenai munculnya nama M Anshar sebagai sosok anak muda yang akan memimpin PFI Aceh ke depan, Bedu hanya berujar diplomatis, “semuanya diserahkan kepada floor, kalau bisa secara aklamasi kenapa harus berlama-lama.”

Musda siap digelar

Ketua Panitia Musda IV PFI Aceh, Fahzian Aldevan mengatakan musda akan digelar secara sederhana. Hingga H-1, progres persiapan kegiatan sudah mencapai 85 persen.

Musda IV PFI Aceh akan diikuti 25 pewarta foto dari berbagai media skala lokal, nasional maupun internasional.

“Insya Allah Musda IV PFI Aceh siap digelar pada 11 Mei 2024,” kata Fahzian.

Fahzian menyebutkan, salah satu agenda musda adalah  memilih ketua dan menyusun kepengurusan baru untuk masa tugas tiga tahun ke depan.

“Kita harapkan Musda IV PFI Aceh bisa melahirkan kepengurusan baru yang siap menjawab berbagai tantangan profesi yang semakin berat,” demikian Fahzian Aldevan.[]