Irup Hari Koperasi, Pj Gubernur Aceh Baca Amanat Tertulis Menkop dan UKM

Pj Gubernur Aceh, Bustami jadi Inspektur Upacara Hari Koperasi ke-77 di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Selasa, 16 Juli 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pj Gubernur Aceh, Bustami menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Koperasi ke-77 di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Selasa 16 Juli 2024.

Upacara itu diikuti para pejabat di lingkup Pemerintah Aceh, ASN di Sekretariat Daerah Aceh serta ASN Satuan Kerja Perangkat Aceh,  sejumlah ASN dan pejabat dari instansi lainnya.

Pada upacara itu, Pj Gubernur Aceh membacakan pidato Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM RI Teten Masduki.

Dalam amanat tertulisnya, Menteri Teten Masduki menyoroti peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Hari Koperasi ke-77 mengusung tema “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi, dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil.” Tema itu dipilih untuk meneguhkan pentingnya koperasi dalam menghadapi tantangan krisis global.

Menteri Koperasi menyebutkan, bahwa berbagai krisis, mulai dari ekonomi, pangan, energi, iklim, hingga geopolitik, telah menciptakan ketidakpastian.

Indonesia juga merasakan dampak dari krisis-krisis ini, seperti gejolak harga pangan dan ketidakpastian masa panen.

Menteri menekankan pentingnya kebersamaan, kehati-hatian, dan aksi cepat dalam menghadapi krisis tersebut.

Menteri Koperasi menyoroti fakta bahwa lebih dari 99 persen pelaku usaha di Indonesia adalah Usaha Mikro, yang sering mengalami kesulitan dalam mendapatkan akses pembiayaan, inovasi, dan teknologi.

Struktur ekonomi yang ada saat ini dianggap tidak memadai untuk mencapai target peningkatan pendapatan per kapita lima kali lipat pada tahun 2045.

Oleh karena itu, koperasi diharapkan dapat memainkan peran penting dalam mengonsolidasikan dan mengakselerasi pertumbuhan Usaha Mikro dan Kecil.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penguatan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dengan mematok 100 persen pembiayaannya untuk koperasi.

Selain itu, model korporatisasi dan nelayan berbasis koperasi seperti pembangunan pabrik Minyak Makan Murah dan penyaluran BBM bersubsidi melalui skema SOLUSI diharapkan dapat meningkatkan skala ekonomi Usaha Mikro dan Kecil.

Menteri juga menekankan pentingnya pembangunan Rumah Produksi Bersama (RPB) yang dikelola oleh koperasi untuk menghasilkan produk berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi.

Menteri menekankan bahwa koperasi harus terus beradaptasi, inovatif, dan akuntabel dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah. Tata kelola yang baik dan akuntabilitas koperasi perlu diperkuat agar koperasi semakin dipercaya oleh masyarakat.

Rancangan Undang-undang Koperasi juga diharapkan segera diundangkan untuk memperkuat ekosistem kelembagaan koperasi yang lebih baik.

Menteri Koperasi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota koperasi atas ketekunan dan keteladanan mereka.

Menteri mengingatkan agar tidak cepat berpuas diri dan terus mendorong lebih banyak orang Indonesia untuk berkoperasi.

“Dengan semangat berkoperasi yang terus ditularkan kepada generasi muda, diharapkan semakin banyak pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang naik kelas dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia,” demikian Teten Masduki.[]