Pj Bupati Bireuen, Abdya, dan Aceh Tengah Diganti, Kota Langsa Diperpanjang

Pj Gubernur Aceh, Bustami memasangkan tanda pangkat dan jabatan kepada Jalaluddin selaku Pj Bupati Bireuen pada prosesi pelantikan dan perpanjangan masa jabatan empat Pj Kepala Daerah di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Minggu, 11 Agustus 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah, atas nama Presiden RI melantik Pj Bupati Bireuen, Aceh Barat Daya (Abdya), dan Aceh Tengah. Sedangkan masa tugas Pj Wali Kota Langsa diperpanjang.

Prosesi pelantikan dan penyerahan SK Perpanjangan Masa Jabatan berlangsung di Anjong Mon Mata, Kompleks Meuligoe Gubernur Aceh, Minggu menjelang siang, 11 Agustus 2024.



Ketiga Pj Kepala Daerah yang dilantik adalah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Kasatpol PP dan WH) Aceh Jalaluddin sebagai Pj Bupati Bireuen menggantikan Aulia Sofyan; Kepala Badan Pertanahan Aceh, Sunawardi sebagai Pj Bupati Abdya menggantikan Darmansah; dan Sekdakab Aceh Tengah, Subhandy sebagai Pj Bupati Aceh Tengah menggantikan T. Mirzuan.

Selain melantik Pj Bupati Bireuen, Abdya, dan Aceh Tengah, Gubernur Aceh juga menyerahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, Syaridin sebagai Pj Wali Kota Langsa.

Dalam sambutannya, Gubernur kembali mengingatkan agar para Pj Bupati mendukung kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut dan Pilkada Serentak 2024.

“Kepada Saudara Pj Bupati Aceh Tengah yang wilayahnya terdapat venue pelaksanaan PON XXI, saya ingatkan untuk terus meningkatkan kesiapan dan persiapan jelang pelaksanaan PON yang sudah sangat dekat waktunya,” ujar Gunernur Aceh.

“Selain itu, pastikan tahapan penyelenggaraan Pilkada yang akan dilaksanakan November mendatang berjalan lancar, termasuk penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) serta percepatan penyaluran dana hibah kepada Panitia Penyelenggara Pilkada agar masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara jujur, adil, aman, damai dan demokratis,” tandas Bustami.

Untuk mendukung hal tersebut, Gubernur berpesan agar para Pj Bupati membina komunikasi yang harmonis dengan para pihak, terutama dengan legislatif, judikatif, para ulama dan elemen masyarakat, demi menjaga stabilitas politik dan keamanan daerah.

Gubernur juga mengimbau agar sistem pemerintahan diselenggarakan secara transparan, akuntabel, taat hukum, dan mengupayakan realisasi APBK dapat diakselerasi sehingga serapan anggaran lebih optimal serta membenahi sistem administrasi agar tertata dan terkelola dengan baik.

“Saudara juga perlu memberi perhatian bagi upaya penurunan kasus stunting, sebab stunting sangat mempengaruhi kualitas SDM generasi muda Aceh di masa yang akan datang. Formulasikan berbagai langkah strategis untuk menekan angka stunting di Kabupaten Bireuen, Aceh Barat Daya, Aceh Tengah, dan Kota Langsa,” lanjut Bustami.

Gubernur Bustami meyakini, sebagai figur yang berpengalaman di pemerintahan, para Pj Bupati mampu menunjukkan kepemimpinan yang baik dalam memimpin birokrasi.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga mengingatkan agar kinerja TPID juga dimaksimalkan guna mengantisipasi inflasi yang tak terkendali. Rantai distribusi pangan penting untuk diperhatikan demi lancarnya supply dan demand sehingga inflasi tahunan tidak lebih dari 4 persen.

Selain itu, berbagai upaya mitigasi terhadap bencana juga harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, agar dapat menghindari kemungkinan terjadinya hal yang terburuk.

Bustami menegaskan, proses pergantian dan perpanjangan masa jabatan tersebut telah berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Gubernur berpesan kepada para Pj Bupati/Wali Kota untuk menjalankan tanggungjawab sebaik mungkin agar gerak pembangunan di Kabupaten Bireuen, Abdya, Aceh Tengah dan Kota Langsa berjalan dengan baik.

Pada kegiatan tersebut, Pj Ketua TP PKK Aceh, Mellani Subarni yang juga menjabat sebagai Pj Ketua Pembina Posyandu Aceh dan Bunda PAUD Aceh melantik Vilzati sebagai Pj Ketua TP PKK, Pj Ketua Pembina Posyandu dan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini kabupaten Bireuen; Ache Marina sebagai Pj Ketua TP PKK, Pj Ketua Pembina Posyandu dan Bunda PAUD kabupaten Aceh Barat Daya; dan Ummu Hanik sebagai Pj Ketua TP PKK, Pj Ketua Pembina Posyandu dan Bunda PAUD Kabupaten Aceh Tengah.

Prosesi pelantikan turut dihadiri Pj Sekda Aceh Azwardi, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh, Plt Dirut Bank Aceh Syariah Fadhil Ilyas, perwakilan Forkopimda Aceh dan Forkopimda Kabupaten/Kota.[]