NEWS  

ASN Aceh Besar Gelar Satu Jam Pungut Sampah

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Dalam rangka World Clean Up Day (WCD) Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menggelar aksi 1 jam pungut sampah pada Venue PON XXI di waduk keliling, Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Minggu, 22 September 2024.

WCD merupakan aksi bersih-bersih yang dilakukan secara serentak di seluruh dunia untuk membersihkan sampah. Sehingga Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM mengintruksikan peringatan WCD dilakukan dengan aksi 1 Jam Gotong Royong pada lokasi perhelatan Pekan Olahraga Raga Nasional XXI 2024.



“Kita minta kepada seluruh OPD dan jajaran, dalam rangka WCD ini agar dilakuka bersih-bersih pada kawasan pelaksanaan PON yang telah digelar pekan lalu,” ujar Iswanto.

Ia meminta agar aksi tersebut dilakukan serentak di beberapa titik, seperti pada venue Dayung di Waduk Keliling, venue Terjun Payung di Bandara Lanud SIM, venue menembak di Mata Ie serta venue lainnya di Pulo Kapuk dan Lapangan Golf Lhoknga.

“Venue-venue tersebut sangat ramai dikunjungi pada saat berlangsungnya PON kemarin, pasti masih ada sampah berserakan yang harus dibersihkan agar lokasi tersebut tetap asri bersih dan nyaman untuk dikunjungan di kemudian hari,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang ikut pada aksi WCD di Waduk Keliling, Abdullah mengatakan Waduk Keliling pasca pelaksanaan PON XXI sangat prospek sebagai salah satu lokasi kunjungan wisata karena pemandangan dan suasananya yang sangat eksotik.

” Namun untuk pengelolaan harus dilakukan secara profesional supaya apa yng sudah ada saat ini bisa terus terawat dan tentunya dapat bernilai ekonomis baik untuk masyarakat sekitar maupun bagi PAD itu sendiri,” ujar Abdullah.

Hal senada juga disanpaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Besar Muwardi SH, ua mengatakan Puncak peringatan World Clean Up Day (WCD) atau Hari Bersih-bersih Sedunia Tahun 2024 tingkat Kabupaten Aceh Besar, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bijak dan membudayakan pengelolaan sampah, salah satunya dengan mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai.

“Sampah kita semakin lama semakin meningkat, saya mengajak kita semua untuk peduli dan ambil bagian untuk menjaga lingkungan kita”, katanya.[]

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi