Sanggar Keumalahayati Aceh Besar Seleksi Peserta Binaan

Anak-anak Sanggar Tari Keumalahayati binaan Cut Rezky Handayani mengikuti seleksi peserta di Meuligoe Bupati Aceh Besar, Kota Jantho, Sabtu, 20 Juli 2024. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Sanggar Tari Keumalahayati binaan Cut Rezky Handayani, melakukan seleksi peserta binaan. Seleksi digelar di Meuligoe Bupati Aceh Besar di Kota Jantho, Sabtu, 20 Juli 2024.

Seleksi tersebut sekaligus pertemuan perdana anggota Sanggar Keumalahayati yang diikuti putra putri dari lembaga pendidikan SD, SMP, dan SMA/sederajat.

Pembina Sanggar Keumalahayati, Cut Rezky Handayani yang akrab disapa Cut Anda mengatakan, kesenian perlu dibina secara terus menerus, karena literasi tarian dan tari kreasi baru perlu dikembangkan dan diteruskan kepada setiap generasi, supaya terus terjaga kelestariannya.

“Maka untuk menjaga kelestarian itu, Pemerintah ikut bertanggung jawab dan kita juga ikut membentuk dan membina melalui sanggar ini,” ujar Cut Anda yang juga Bunda PAUD Aceh Besar.

Menurutnya, Sanggar Keumalahayati telah membentuk pengurus sekaligus memiliki pelatih yang akan menentukan jadwal pelatihan.

“Hari ini kita melakukan seleksi peserta yang akan dibina nanti. Ada beberapa tarian yang akan dilatih nanti,” imbuhnya dengan berharap para pelajar aktif menjaga budaya Aceh termasuk tarian.

Ketua Sanggar Keumalahayati, Muhammad Rizha Falufi mengatakan, tarian yang akan dibina nantinya yaitu Ranup Lampuan, Ratoh Jaroe, Rapai Geleng, Rapai Garapan hingga Tari Kreasi Baru. []