PKBM Shofie Salsabila Baitussalam Latih Komputer Remaja Putus Sekolah

Ella Kafrawi

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Shofie Salsabila yang berlokasi di Gampong Lampineung, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar menjadi solusi pendidikan alternatif bagi remaja putus sekolah.

Ketua PKBM Shofie Salsabila, Ella Kafrawi kepada Portalnusa.com mengatakan, penguasaan komputer menjadi keniscayaan di tengah kemajuan teknologi informasi dewasa ini. Sementara di sisi lain kemampuan mengoperasikan komputer di kalangan remaja—terutama di desa-desa—masih sangat rendah bahkan ada yang belum mengenal sama sekali teknologi tersebut.

“Kami dari PKBM Shofie Salsabila terpanggil untuk memberikan solusi terhadap persoalan tersebut dengan membuka kelas paket program pelatihan komputer,” kata Ella Kafrawi yang juga membawahi Yayasan Shofie Salsabila sekaligus Pembina Perpustakaan PKK Gampong Lampineung, Kecamatan Baitusalam, Kabupaten Aceh Besar.

Menurut perempuan yang akrab disapa Ella tersebut, kehadiran PKBM juga untuk memberikan kesempatan remaja putus sekolah mengejar pendidikan. Karena nantinya mereka akan mendapatkan ijazah paket A (SD), paket B (SMP), dan paket C (SMA).

“Dengan pendidikan yang setara dan memiliki kemampuan (skill) yang handal diyakini akan mudah bagi remaja untuk berkompetisi di dunia kerja. Pemikiran itulah yang mendasari PKBM Shofie Salsabila melaksanakan pendidikan alternatif yang salah satunya pelatihan kemampuan mengoperasikan komputer,” ujar Ella.

Menurut Ella, Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Aceh Besar mendukung terintegrasi dengan data kependidikan program guna mewujudkan insan yang cerdas dan kompetitif.

Selain pelatihan komputer, Ella juga membuka pelatihan seperti kursus menjahit, tataboga, dan les bahasa Inggris.[]