Bendera Bintang Bulan Berkibar pada Peringatan Milad GAM di Aceh Utara

Pengibaran Bendera BIntang Bulan pada peringatan Milad ke-47 GAM di Wi Aceh Utara. (Dokumen Pers for Portalnusa.com)

Laporan T. Moundary, Aceh Utara

PORTALNUSA.com | ACEH UTARA – Mantan kombatan GAM wilayah Pasee memperingati Milad ke-47 GAM yang dipusatkan di Lapangan Sirong depan Cluster 1 PT Pema Global Energi (PGE) Aceh Utara, Senin 4 Desember 2023 ditandai pengibaran bendera bintang bulan.



Mantan Kombatan GAM Wilayah Pasee yang kini menjabat Panglima Muda IV Pasee, M Jhony, SH menyebutkan, peringatan ulang tahun GAM dan pengibaran bendera bulan bintang wajib dilaksanakan setiap 4 Desember.

“Ini merupakan kegiatan wajib setiap 4 Desember,” kata Jhony kepada awak media, Senin 4 Desember 2023

Jhony menyebutkan, eks GAM selama ini sudah sangat jenuh dan cukup sabar menghadapi Pemerintah Pusat terkait realisasi perjanjian yang tertuang dalam MoU Helsinki.

“Karena itu kami masih akan terus melakukan langkah-langkan terbaik agar pemerintah tidak mengkhianati perjanjian yang diteken oleh kedua belah pihak,” tandasnya.

“Kalau Pemerintah Pusat inginkan perdamaian yang sudah berjalan 18 tahun ini terus langgeng, harusnya komit dengan butir-butir perjanjian MoU Helsinki yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak,” sebut Jhony.

“Terkait pembagian hasil itu sangat jauh sekali, padahal itu merupakan harapan baru bagi rakyat Aceh, dan kita juga berharap Pemerintah Pusat jangan lagi khianati rakyat Aceh,” ujarnya.

Jhony menyebutkan sebenarnya rakyat Aceh itu tidak miskin, namun dimiskinkan oleh Pemerintah Pusat selama puluhan tahun.

“Bila ke depannya tidak terealisasikan perjanjian itu kami akan melakukan langkah-langkah politik, namun jika ini juga nanti tidak diindahkan oleh mereka kita lihat nanti bagaimana langkah kami,” tegasnya.

Jhony menambahkan, selain agenda memperingati Milad ke-47 GAM, pihaknya juga mengukuhkan Badan Pemenangan Pemilu dari Partai Aceh dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H.[]