.
.
.

Dandim Abdya Bagikan Puluhan Ribu Benih Ikan Air Tawar untuk Masyarakat

Dandim 0110 Abdya, Letkol Inf Roqich Hariadi didampingi Keuchik Lama Tuha, Abdullah BD, memberikan arahan kepada kelompok budidaya ikan air tawar sebelum menyerahkan kepada masing-masing ketua kelompok, Kamis, 6 April 2023. (Foto Bagian Humas Kodim 0110 Abdya/For Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Dandim 0110 Abdya, Letkol Inf Roqich Hariadi membagikan 55 ribu benih ikan kepada petani tambak di Kecamatan Manggeng dan Kuala Batee, Kamis, 6 April 2023.

Bantuan benih ikan tersebut merupakan kerja sama Kodim 0110 Abdya dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Perikanan Budi Daya Air Payau (BPBAP) Provinsi Aceh.

Sasaran bantuan adalah petani tambak air tawar dalam rangka membantu peningkatan ekonomi dan pemenuhan gizi masyarakat dalam mencegah stunting. Selain itu juga sebagai upaya membantu pemerintah dari risiko inflasi.

Adapun jumlah bantuan benih yang disalurkan sebanyak 55 ribu ekor, terdiri 27 ribu ikan nila dan 28 ribu ikan kakap. Dari jumlah 55 ribu itu, penyaluran dibagikan kepada dua wilayah, yakni Gampong Lama Tuha sebanyak 40 ribu ekor dan sisanya 15 ribu di Gampong Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng.

Teknisi Instalasi Budidaya Ikan Nila BPBAP, Arfian, Sp.i dan Pengawas Perikanan Pelaksana BPBAP, Silman Arizi Sp.i, turut dihadirkan saat penyaluran bantuan bibit ikan yang diterima oleh keuchik dan ketua kelompok budidaya ikan gampong setempat.

Dandim Abdya pada kesempatan itu menyampaikan pesan kepada masing-masing ketua kelompok agar tidak terlalu cepat memanen ikan yang telah ditebar. Biarkan ikan tersebut berkembang biak sehingga akan bertambah populasi benih untuk para peternak lainnya.

“Ikannya nanti dikembangbiakkan dulu, jangan langsung dipanen atau dijual. Jadi stok benihnya tidak habis dan bahkan bisa dibagi pada yang lain,” ujarnya.

Adapun nama-nama kelompok penerima bantuan benih ikan tersebut adalah Suak Naleng Jaya, Ade Berata, dan Maju Mandiri Abdya Gampong Lama Tuha, Kuala Batee dan Usaha Bersama dari Gampong Lhok Pawoh, Manggeng.[]

Writer: Muhammad TaufikEditor: Redaksi