.
.
.

Nomor HP Ketua Partai Ummat Aceh Dikuasai Hacker, Menyebar Berbagai Pesan Aneh

Ilustrasi hacker. (Reuters/Kacper Pempel)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Nomor telepon selular (ponsel) Ketua DPW Partai Ummat Aceh, H. Jamai Suni, SE., MM sempat dikuasai hacker sejak Jumat, 12 Mei 2023 hingga menyebar berbagai pesan aneh ke sejumlah kalangan termasuk grup WhatsApp.

H. Jamai Sunni

Ihwal terjadinya peretasan nomor ponsel tersebut diinformasikan langsung oleh Ketua DPW Partai Ummat Aceh, H. Jamai Suni kepada Portalnusa.com, Senin, 15 Mei 2023.

Jamai didampingi Ketua DPD Partai Ummat Aceh Besar, Muzakkir SH menceritakan, kasus itu diduga terjadi sejak pukul 10.00 WIB, Jumat, 12 Mei 2023 ketika dia membuka sebuah pesan berupa undangan digital yang masuk ke nomornya.

Pesan tersebut mengarahkan untuk membuka sebuah link agar bisa melihat isi undangan yang dikirim.

“Secara kebetulan hari itu saya sedang menunggu undangan dari beberapa kerabat sehingga begitu ada link undangan yang masuk langsung saya buka dan mengikuti arahan si pengirim,” ujar Jamai.

Setelah membuka link undangan itu, dia diarahkan untuk mendaftar dengan memasukkan nomor kode yang dikirim ke nomornya. “Setelah saya isi kode sesuai arahan, malah nomor telepon saya, termasuk nomor WhatsApp tak bisa dibuka lagi,” katanya.

Sampai pada tahapan itu, Jamai mengaku belum sadar apa yang sedang terjadi. Dia berpikir terjadi gangguan internal pada perangkatnya sehingga dia mencoba off-kan kemudian di-on-kan lagi.

“Anehnya ketika HP saya hidup lagi, muncul pemberitahuan bahwa nomor Anda sudah berpindah ke nomor Anda yang satu lagi,” ujar Jamai Suni.

Ketua DPW Partai Ummat Aceh tersebut baru sadar kalau nomor-nya sudah dikuasai orang lain ketika mendapat kabar dari kerabat bahwa banyak pesan masuk ke grup atas namanya berupa pesan yang aneh-aneh dan tidak baik. Padahal, saat itu HP-nya dalam posisi off.

Pada 15 Mei 2023 atau setelah 3×24 jam HP-nya dikendalikan hacker, Jamai menghubungi operator selular sehingga dengan melaporkan nomor dan merek HP yang digunakannya.

Setelah dilakukan instal ulang dengan mengembalikan ke setingan pabrik, kini nomor HP Ketua DPW Partai Ummat Aceh sudah nornal kembali.

“Saya mohon maaf atas masuknya berbagai pesan yang tidak baik bahkan tidak patut ke nomor HP kerabat, mitra kerja maupun grup WhatsApp. Saya benar-benar tidak sadar kalau nomor HP saya sudah sempat dikuasai peretas sejak Jumat, 12 Mei 2023,” demikian Jamai Suni.

Warning dari Telkomsel

Beberapa hari lalu, tepatnya Rabu, 3 Mei 2023, Portalnusa.com menerima pesan dari Telkomsel yang meminta pelanggan berhati-hati dengan modus penipuan yang menggunakan file apk.

Biasanya, file apk tersebut digunakan untuk mengirim link undangan pernikahan, lowongan pekerjaan, surat tilang, dan lainnya. Ketika link itu dibuka, saat itulah hacker menelusuri berbagai data di ponsel sasaran.

“Ada yang berhasil membobol rekening korban dan tak sedikit pula yang digunakan untuk pembelian berbagai produk permainan sehingga berdampak pada membengkaknya tagihan si pelanggan,” kata Supervisor Grapari PT Telkomsel Banda Aceh, Safrul. Menurut Safrul, kasus ini sudah lama dan sudah diumumkan oleh Telkomsel melalui berbagai media.

Safrul mengingatkan agar pelanggan tak langsung membuka pesan-pesan aneh (apalagi link yang menggunakan file apk) yang dipastikan adalah jebakan dari para hacker.

“Jangan langsung meng-klik tautan, dan mengunduh aplikasi sembarangan yang tidak dikenali. Aplikasi MyTelkomsel dpt didownload di https://tsel.id/downloadmytelkomsel

Juga diingatkan agar tetap berhati-hati dengan ajakan/join grup dari akun palsu Telegram Veronika atau platform instant messaging lain seperti WhatApp yang dikirimkan dari orang tidak dikenal.[]

Writer: MurdaniEditor: Nasir Nurdin